Kompas TV religi beranda islami

3 Amalan Ringan untuk Meneladani Sifat Nabi Muhammad

Kompas.tv - 15 Oktober 2021, 16:21 WIB
3-amalan-ringan-untuk-meneladani-sifat-nabi-muhammad
Ilustrasi. Di bulan maulid atau Rabiul Awal, ada banyak amalan yang bisa dilakukan untuk meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan Rabiul Awal adalah bulan maulid, bulan milik Nabi Muhammad SAW. Pada bulan ini, beliau dilahirkan dan umat Islam di seluruh dunia pun merayakannya dengan pelbagai cara.

Salah satu cara sederhana untuk turut bergembira saat bulan maulid Nabi tiba adalah dengan meneladani sifat-sifatnya yang begitu indah. Sebuah sifat yang dalam bahasa Alquran, penuh dengan budi pekerti.

Allah SWT berfirman dalam Surat Alqalam ayat 4, ”Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang baik.''

Baca Juga: Sudah Masuk Rabiul Awal 1443 H, Ini 3 Amalan yang Bisa Dilakukan

Kita sebagai umat Nabi Muhammad hendaknya bisa meniru beliau, meneladani sifat-sifatnya dan memetik pelbagai hikmah dari perjuangan beliau ketika membangun umat manusia dengan akhlak yang mulia.

3 amalan ringan untuk meneladani sifat Nabi Muhammad di bulan maulid:

Pertama, memperbanyak sedekah.

Rasul adalah pribadi yang begitu gemar bersedekah dan berbagi dengan sesama. Sedekah dalam Islam dipercaya tidak akan menghabiskan harta, justru sebaliknya. Harta yang disedekahkan akan terus meningkat dan berlipat ganda.

Begitu pentingnya sedekah ini, Rasulullah pun menganjurkan kita bersedekah meskipun sedang berkekurangan. Karena sedekah tidak hanya dilakukan dengan harta. Senyuman yang tulus dari seorang muslim termasuk sedekah.

Nabi SAW bersabda: "Senyumanmu di hadapan saudaramu adalah sedekah bagimu." (HR. Tirmidzi).

Kedua, berbuat baik ke tetangga.

Rasul adalah pribadi yang gemar berbagi dan berbuat baik kepada tetangga. Tidak hanya kepada para sahabat maupun umat muslim semata. Melainkan juga kepada umat atau agama yang berbeda.

Nabi tidak pernah pilih kasih ketika berbuat baik. Bahkan, dalam sebuah riwayat, beliau tetap membagi makanan ke tetangganya yang beragama Yahudi.

Baca Juga: Kisah Rasululllah Bertetangga Baik dengan Orang Yahudi hingga Mereka Bahagia

Ketiga, memperbanyak selawat.

Selawat adalah amalan ringan yang bisa kita sampaikan kepada Nabi sebagai bentuk cinta kita terhadap beliau. Apalagi di bulan maulid, bulan kelahiran Nabi.

Ada banyak selawat yang bisa kita amalkan, mulai dari selawat Nariyah hingga selawat Badar. Lebih dari itu, selawat adalah bentuk komunikasi kita kepada Nabi seraya berharap akan mendapatkan syafaat dari beliau kelak di hari penghabisan.

Itulah tiga amalan ringan yang bisa kita amalkan di bulan maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga kita senantiasa mendapatkan berkah di bulan maulid ini, ya. Amin. Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x