Kompas TV regional agama

Jangan Lupa Mandi untuk Salat Jumat, Ada Rahasia Sedekah di Baliknya Loh

Kompas.tv - 15 Oktober 2021, 11:15 WIB
jangan-lupa-mandi-untuk-salat-jumat-ada-rahasia-sedekah-di-baliknya-loh
Ilustrasi mandi untuk Salat Jumat yang banyak keberkahan dibaliknya. (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JUMAT, KOMPAS.TV - Kenapa sih sunnah mandi di Hari Jumat? Ternyata selain sunnah, banyak sekali loh kebaikan di baliknya.  Sebab di hari Jumat ini, Allah melimpahkan banyak karunia dan rahmat-Nya.

Mandi jumat termasuk di dalamnya, sebagai salah satu bagian dari Ibadah Salat Jumat. Bahkan, ketika hari Jumat tiba kita seperti sedekah kurban dan kita tidak menyadarinya.

Tidak tanggung-tanggung, kata Nabi, jika seorang muslim salat Jumat dan ia juga mandi seperti halnya mandi wajib, maka ia akan mendapatkan banyak sekali keberkahan dalam hidupnya.

Baca Juga: Bacaan ZIkir dan Doa Hari Jumat agar Keinginan Terkabul

Rasulullah SAW bersabda,  yang artinya:

"Barangsiapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi janabah (Wajib), lalu berangkat menuju masjid, maka ia seakan berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi.

Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam.

Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut)." (HR. Bukhari).

Itulah alasan kenapa kok mandi untuk Salat Jumat itu sunnah. Selain untuk kebersihaan diri, juga meniru Rasul dan mengikuti tata cara yang beliau sunnahkan. Tatacara bisa dibaca di bawah ini ya:

Baca Juga: Mengapa Sunnah Mandi Sebelum Salat Jumat? Ini Niat dan Keberkahannya

Jadi, jangan lupa mandu dulu ya sebelum salat Jumat. Semoga Allah senantiasa meridhoi kita.  Amin. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x