Kompas TV religi beranda islami

3 Amalan sebelum Salat Jumat, Ringan tapi Pahalanya Besar

Kompas.tv - 15 Oktober 2021, 11:09 WIB
3-amalan-sebelum-salat-jumat-ringan-tapi-pahalanya-besar
Masjid Istiqlal, Jakarta. Di masjid saat salat Jumat bisa melakukan tiga amalan sebelum salat jumat (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada tiga amalan ringan yang sebaiknya dilakukan sebelum Salat Jumat. Amalan ini ringan dilakukan, sebab bisa dilakukan sambil di perjalanan atau di manapun. Lebih baik memang ketika di masjid untuk Salat Jumat.

Hari Jumat itu begitu istimewa, sebab pada hari ini Allah melimpahkan banyak karunia dan rahmat-Nya. Itulah alasan, kenapa jumat disebut Sayyidul Ayyam atau Tuan dari segala hari.

Rasul bersabda, “Jumat adalah sebaik-baik hari kala mentari terbit. Nabi Adam diciptakan pada hari Jumat. Demikian pula ketika dimasukkan dan dikeluarkan dari surga. Dan tidak akan terjadi hari kiamat, kecuali pada hari Jumat,” (HR Muslim).

Berikut tiga amalan sebelum salat Jumat

Pertama, baca Al Quran, khususnya surat Al-Kahfi

Pertama, perbanyaklah baca Al Quran, apa saja. Jika tidak bawa mushaf Al Quran, bisa kok dengan membawa digital atau bahkan sekadar mendengarkan. Namun begitu, lebih baik tetap dengan membacanya secara langsung.

Nah, pada hari Jumat baiknya memperbanyak baca surat Al-Kahfi. Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam Al Quran dan di dalamnya terdapat kisah masyhur Ashabul Kahfi.

Rasul bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR An-Nasa’i dan Baihaqi)  

Kedua, memperbanyak selawat Nabi

Yang ini, mumpung Maulid Nabi, bulan Rabiul Awal dalam kalender Hijriah. Perbanyaklah mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad dengan ragam salam kepadanya.

Anda juga membaca dua selawat di bawah ini, mumpung, sekali lagi, bulan maulid:

Baca Juga: Yuk, Baca Selawat Nariyah Mumpung Bulan Maulid Nabi agar Hidup Jadi Berkah

Baca Juga: Bacaan Selawat Asyghil, Perbanyak di Bulan Maulid Agar Terhindar dari Kezaliman

Ketiga, memperbanyak zikir

Zikir juga merupakan amalan ringan yang bisa kamu lakukan saat jumat tiba. Jika itu sulit, maka kamu bisa melakukan zikir ringan tapi pahalanya besar. Begini zikirnya:

zikir ringan tapi pahala besar, dibaca bagus sebelum salat jumat (Sumber: dedik priyanto/kompas.tv)

Artinya: Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung.

Semoga Allah memberkahi Jumat kita hari ini.  Amin... Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x