Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kemana Uang Receh Kembalian Pembeli Minimarket, Ternyata Kesini Larinya

Kompas.tv - 15 Oktober 2021, 08:34 WIB
kemana-uang-receh-kembalian-pembeli-minimarket-ternyata-kesini-larinya
Donasi hasil uang kembalian pelanggan minimarket disalurkan untuk program kemanusiaan. (Sumber: Kompas.tv/istimewa)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Uang kembalian yang dikumpulkan dari tiap pertanyaan pegawai minimarket 'dua ratusnya boleh didonasikan kak?' ternyata disalurkan tiap sekitar tiga bulan sekali.

Dana donasi dari minimarket tersebut, disalurkan untuk program pendidikan dan korban bencana salah satunya ke Sulawesi Barat.

Di periode ini, total donasi mencapai lebih dari Rp7 miliar atau Rp7.294.891.426. Saluran program kemanusiaan itu menggandeng NU CARE-LAZISNU. 

Donasi tersebut terdiri dari dua  program Peduli Gempa Sulbar dan Pendidikan.

Program Peduli Gempa Sulbar berlangsung 22 Januari - 31 Maret 2021 sebesar Rp2,6 miliar disalurkan kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Mamuju dan Majene. 

Bantuan tersebut berupa pembangunan hunian tetap untuk 56 kepala keluarga, pembangunan sanitasi, bantuan modal usaha untuk UMKM, renovasi dan pembangunan ruang belajar, mobil ambulans, dan paket school kits. 

Sebelumnya telah ditempatkan satu unit mobil Dhahar di Mamuju, Sulbar.

Sementara, selama 1 April - 31 Juni 2021 donasi pelanggan sebesar Rp 4,5 miliar diserahkan untuk bidang pendidikan. Disalurkan di Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan. 

Baca Juga: Cara Pesan Tiket Kapal Ferry Online Bisa Lewat Website, Aplikasi Hingga di Minimarket

Penyaluran program peduli pendidikan tersebut meliputi renovasi ruang belajar (sekolah dan pesantren), program vaksinasi untuk santri dan pelajar, pembangunan sarana sanitasi di lembaga pendidikan, juga mobil Dhahar (Dapur Halal Berjalan) yang akan dioperasikan untuk wilayah Jawa. 

Ketua Umum PBNU, K.H. Said Aqil Siroj mengucapkan terima kasih kepada Indomaret yang selama ini sudah bekerja sama dengan NU dalam program-program kemanusiaan dan pendidikan.

“Ini adalah salah satu mitra strategis PBNU dalam program-program sosial kemanusiaan yang manfaatnya sangat luar biasa” katanya pada penyerahan donasi yang disampaikan Marketing Director PT. Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf  di Gedung PBNU, Jalan  Kramat Raya,  Jakarta Pusat, Kamis (14/10/2021).

Sejak tahun 2018, minimarket ini bekerja sama dengan dalam program kemanusiaan.
Total, Rp 18.266.754.717 hasil donasi telah disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui NU CARE-LAZISNU.

"Kerja sama ini yang kelima dan diharapkan kerja sama kemanusiaan akan terus terjalin," kata Wiwiek.

Baca Juga: Minimarket Langgar Jam Operasional

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.