Kompas TV internasional kompas dunia

Mantan Pilot Boeing Hadapi Dakwaan Kasus 737 MAX yang Jatuh di Indonesia dan Ethiopia

Jumat, 15 Oktober 2021 | 08:04 WIB
mantan-pilot-boeing-hadapi-dakwaan-kasus-737-max-yang-jatuh-di-indonesia-dan-ethiopia
B737 MAX 8 Lion Air di pabrik Boeing di Everett, Washington, AS. (Sumber: Kompas.com/Boeing)

DALLAS, KOMPAS.TV - Seorang mantan pilot Boeing didakwa oleh dewan juri federal atas tuduhan menipu regulator keselamatan tentang pesawat Boeing 737 Max, Kamis (14/10/2021).

Penipuan yang dilakukannya ini diduga berkontribusi pada jatuhnya Boeing 737 Max di Indonesia dan Ethiopia.

Surat dakwaan itu menuduh Mark A. Forkner memberikan informasi palsu dan tidak lengkap kepada Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) tentang sistem kontrol penerbangan otomatis yang berperan dalam kecelakaan. Dua kecelakaan ini menimbulkan total korban tewas sebanyak 346 orang.

Jaksa mengatakan bahwa karena dugaan penipuan Forkner, sistem tersebut tidak disebutkan dalam manual pilot atau materi pelatihan.

Pengacara Forkner dan pihak Boeing hingga kini belum berkomentar mengenai persidangan yang akan dihadapi Forkner.

Baca Juga: Mengejutkan : Ini Isi Pesan-Pesan Internal Soal Boeing 737 Max Yang Bocor.

Seperti dikutip dari The Associated Press, Forkner, 49, didakwa dengan dua tuduhan penipuan yang melibatkan suku cadang pesawat dalam perdagangan antarnegara bagian.

Jaksa federal mengatakan dia diharapkan akan menghadiri persidangan perdananya pada Jumat di Fort Worth, Texas. 

Jika terbukti bersalah atas semua tuduhan, dia akan menghadapi hukuman hingga 100 tahun penjara.

Dakwaan tersebut menuduh bahwa dia menyembunyikan informasi tentang sistem kontrol penerbangan yang diaktifkan secara keliru dan menekan hidung jet Max yang jatuh pada 2018 di Indonesia, dan tahun 2019 di Ethiopia. 

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:05
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19