Kompas TV nasional politik

Stafsus Erick Thohir Jawab Penilaian Faisal Basri soal Kereta Cepat Tidak Balik Modal sampai Kiamat

Kompas.tv - 14 Oktober 2021, 21:55 WIB
stafsus-erick-thohir-jawab-penilaian-faisal-basri-soal-kereta-cepat-tidak-balik-modal-sampai-kiamat
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut bahwa penilaian ekonom Faisal Basri yang menyebut bahwa kereta cepat Jakarta-Bandung tak akan balik modal sampai kiamat, subjektif dan tidak dibekali dengan analisis. (Sumber: KompasTV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penilaian ekonom Faisal Basri yang menyebut bahwa kereta cepat Jakarta-Bandung tak akan balik modal bahkan hingga kiamat, menuai sanggahan. Staf khusus Menteri BUMN bidang komunikasi Arya Sinulingga menyebut bahwa penilaian Faisal Basri subjektif dan tidak dibekali dengan analisis. 

Menurut Arya, pernyataan Faisal Basri yang menyebut bahwa kereta cepat Jakarta-Bandung tidak akan balik modal sangat konyol. Sebab, tidak mungkin investor masuk menanamkan modal jika kondisinya bakal rugi terus.

"Faisal Basri itu salah total mengatakan bahwa sampai kapan pun pasti rugi, ya mana ada investor mau masuk dengan kondisi pasti rugi. Itu kan konyol," ujar Arya, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: Lika-Liku Kereta Cepat Jakarta-Bandung: dari Kebun Teh Mandalawangi Jadi Beban APBN

Arya menjelaskan, hampir semua proyek investasi di moda transportasi massal, seperti kereta api, MRT hingga kereta cepat Jakarta-Bandung memiliki target jangka panjang, bukan jangka pendek.

Menurut Arya, saat ini Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tengah melakukan audit terkait pembengkakan biaya pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. 

Baca Juga: Polemik Kereta Cepat Jakarta-Bandung, KSP Sebut Tak Ingin Ulangi Proyek Besar Jadi Mangkrak

Namun jika dihitung secara konservatif, balik modal atau ekuitas dari proyek tersebut akan kembali selama 40 tahun ke depan.

"Jadi kalo dikatakan sampai kapanpun akan rugi, itu konyol. Itu Faisal Basri sangat-sangat konyol," ujarnya.

Lebih jauh Arya menilai pernyataan Faisal Basri soal sampai kiamat proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tidak balik modal dapat menjadi informasi bohong alias hoax di tengah masyarakat.

Arya menyayangkan lontaran pernyataan yang bersifat subjektif tanpa angka dan analisis itu.

Baca Juga: Enggak Mempan Dibor, Terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diledakkan

"Jadi saya bisa katakan, kali ini sangat disayangkan Faisal Basri kembali lagi, konyol untuk analisisnya dan akhirnya menyebabkan berita hoax yang enggak bener kepada publik tanpa analisa tanpa data apapun," ujar Arya.

Sebelumnya, Faisal Basri menilai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan membebani masyarakat. Menurutnya, meski tiket dijual dengan harga mahal, tetap saja pelunasan modal yang dipinjam untuk pengerjaan proyek tersebut bakal panjang. 

Dari hitung-hitungannya, sampai kiamat pun kereta cepat Jakarta-Bandung tidak akan balik modal, apalagi untung.

Baca Juga: Faisal Basri: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sampai Kiamat Tidak Balik Modal

"Sebentar lagi rakyat membayar kereta cepat. Barang kali nanti tiketnya Rp400 ribu sekali jalan. Diperkirakan sampai kiamat pun tidak balik modal,” kata Faisal.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.