Kompas TV regional berita daerah

Potret Kemiskinan, Hidup Di Rumah Berukuran Dua Meter

Kompas.tv - 14 Oktober 2021, 16:41 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Seorang pria paruh baya di Jember, Jawa Timur, hidup di rumah berdinding bambu dengan ukuran tak lebih dari dua meter persegi. Kondisinya kaki yang sakit akibat kecelakaan, membuat dirinya hanya menggantungkan hidup dari uluran tetangga.

Beginilah rumah berukuran tak lebih dari dua kali dua meter milik Begimin (45), warga Dusun Jati Agung, Desa Gumukmas, Kecamatan Gumukmas, Jember, Jawa Timur.

Dalam keadaan serba kekurangan, Begimin hidup seorang diri di rumah yang berdinding bambu dan tidur diatas tumpukan kayu yang langsung diatas lantai dari tanah.

Kedua orang tuanya telah meninggal dunia saat beberapa tahun silam, sedangkan saudara saudaranya seakan menghiraukan Begimin.

Dalam keadaan serba kekurangan, Begimin juga tidak mampu bekerja normal kembali setelah dirinya mengalami kecelakaan dan mengalami patah tulang kaki di bagian betis kirinya.

Nyaris tidak ada perabotan layak, selain sejumlah panci untuk sekedar merebus air dan menanak nasi yang dilakukan diatas tungku batu bata.

Untuk kebutuhan hidup makan sehari hari, dirinya hanya mengandalkan uluran tangan dari tetangga dan para perangkat desa yang iba terhadap dirinya.

Begimin yang belum pernah berkeluarga ini, telah tinggal di rumah sederhananya sejak 3 tahun lalu dengan kondisi kaki sakit dan belum pernah mendapatkan perawatan medis.

Kemiskinan begimin mungkin hanya sebagian kecil dari potret kehidupan warga miskin yang terjadi di negeri ini.

#beritajember
#kemiskinan
#kehidupan
#peduli



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x