Kompas TV nasional gaya hidup

Apa Itu Istilah FOMO-JOMO?

Kompas.tv - 14 Oktober 2021, 16:50 WIB
apa-itu-istilah-fomo-jomo
Ilustrasi fenomena FOMO-JOMO, fenomena yang takut ketinggalan tern di media sosial. (Sumber: Istimewa/Kompas.com)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fear of Missing Out dan Joy of Missing Out atau dikenal dengan (FOMO-JOMO) adalah istilah yang belakangan digunakan untuk menggambarkan sikap keterhubungan manusia dengan internet.

FOMO-JOMO digambarkan seperti dua sisi koin. FOMO sering dimaknai sebagai keinginan untuk terus terkoneksi dengan internet agar tidak ketinggalan tren. 

Sebaliknya, JOMO dianggap sebagai cara terbaik untuk mengatasi FOMO, yaitu dengan meninggalkan internet dan acuh tak acuh terhadap tren.

Namun karena belum membumi, beberapa orang salah kaprah dengan pengertian FOMO-JOMO. Oleh karena itu, Psikolog Adi Dinardinata mencoba menerangkan lebih jauh soal FOMO-JOMO itu.

Baca Juga: Videonya Pukuli Pacar Viral di Media Sosial, Pria Ini Akhirnya Menyerahkan Diri ke Polisi

Dilansir dari Kompas.com, Adi menjelaskan, bahwa seperti FOMO, JOMO juga bukan tentang melepaskan diri dari dunia maya dan meninggalkannya sama sekali. 

Bagi dia, JOMO merupakan sikap yang tetap merasa nyaman meskipun melewatkan banyak hal yang sebenarnya tidak ingin dilewatkan. 

"Joy of Missing Out, sesuai namanya, menikmati melewatkan berbagai hal yang tidak ingin kita lewatkan," kata Adi. 

Masyarakat sering menganggap menjadi JOMO adalah solusi dari FOMO. 

Oleh karena itu, Adi menekankan agar lebih hati-hati dalam memaknai istilah ini. Sebab, dikhawatirkan JOMO justru dianggap sebagai kenyamanan untuk melepaskan sesuatu. Hal ini bisa membuat individu menjadi tidak produktif.

Menurutnya, jalan tengah dari fenomena ini adalah dengan menghadapi serta mengatasi rasa takutnya, bukan dengan menghindar dan melepaskan diri dari dunia "JOMO ini kalau tidak diedukasi dengan baik akan menyesatkan masyarakat untuk pindah dari yang ekstrem satu ke masalah yang ekstrem lain."



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x