Kompas TV nasional sosial

Ratusan Robot dari Penjuru Tanah Air Siap Berkompetisi di UGM

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:41 WIB
ratusan-robot-dari-penjuru-tanah-air-siap-berkompetisi-di-ugm
Pembukaan KRI 2021 di Grha Sabha Pramana UGM, Kamis (14/10/2021). (Sumber: humas UGM)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Universitas Gadjah Mada (UGM) kedatangan ratusan robot yang akan berlaga dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021. UGM menjadi tuan rumah bagi kompetisi 136 tim robot dari 59 perguruan tinggi di Indonesia pada 15 dan 16 Oktober 2021.

KRI dilaksanakan secara bertahap mulai dari tingkat wilayah, yaitu wilayah I dan wilayah II yang telah berlangsung pada 22 September hingga 1 Oktober 2021. Lalu, tim terbaik di tiap divisi dari tingkat wilayah diundang untuk kembali bersaing dalam laga final di KRI Nasional 2021.

Saat ini terdapat 136 tim yang lolos ke tahap nasional, terdiri dari 30 tim Kontes Robot Sepakbola Indonesia Beroda (KRSBI) Humanoid, 22 tim KRSBI beroda, 18 tim Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), 42 tim Kontes Robot Search And Rescue Indonesia (KRSRI), dan 24 tim Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Baca Juga: Viral, Pedagang Nasi Goreng Memasak Gunakan Robot

Menurut Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudyaan, Riset dan Teknologi (Puspresnas Kemendibudristek) Asep Sukmayadi, KRI merupakan salah satu dari 18 ajang prestasi Dirjen Dikti yang diselenggarakan Puspresnas.

“Hanya saja sejak pandemi Covid-19, seluruh kegiatan kontes maupun festival diadakan secara daring,” ujarnya, dalam pembukaan KRI 2021 di Grha Sabha Pramana UGM, Kamis (14/10/2021).

Sementara, Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan Djagal Wiseso Marseno, merasa bangga melihat usaha dan kerja keras para mahasiswa dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang robotika.

Baca Juga: Mahasiswa UMP Menciptakan Robot Pemadam Kebakaran

Mengingat penyelenggaraan KRI 2021 masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka kompetisi ini digelar secara bauran. Tim peserta berkompetisi dari kampus masing-masing secara daring, sementara penilaian dilakukan oleh juri dan panitia secara luring di Grha Sabha Pramana UGM.

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:02
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19