Kompas TV nasional politik

Kasus Covid-19 Mulai Landai, Puan: Pemerintah Jangan Kendor

Kompas.tv - 14 Oktober 2021, 14:12 WIB
kasus-covid-19-mulai-landai-puan-pemerintah-jangan-kendor
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Sumber: dpr.go.id)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti


JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta kepada pemerintah untuk tak cepat berpuas diri ketika hasil positivity rate Covid-19 di Indonesia sudah di bawah standar WHO. 

Ia menyebut, dirinya tak mengharapkan adanya gelombang ketiga Covid-19 bila penegakan protokol kesehatan (Prokes) kembali kendor dan kegiatan berkerumun diizinkan tanpa prokes. 

Politikus PDIP itu meminta pengawasan terhadap penerapan PPKM di sejumlah daerah terus diperketat, sesuai dengan aturan masing-masing level. 

Baca Juga: Target Wagub DKI, Mencapai 11 Juta Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Bulan Depan

“Aturan masuk mal, transportasi publik, tempat wisata dan sebagainya, tidak boleh kendor sedikit pun,” kata Puan di Jakarta, Kamis (14/10/2021). 

Menurut dia, meski positivity rate nasional sudah di bawah 5 persen atau sesuai standar WHO, lonjakan penularan masih mungkin terjadi.

"Meski dalam jumlah kecil, selama penularan masih bisa berlipat ganda, potensi lonjakan dalam jumlah besar masih tetap ada. Jadi kita harus terus waspadai. Jangan cepat berpuas diri,” ujarnya.

Mantan Menko PMK ini juga mengingatkan potensi mobilitas orang yang tinggi saat masa libur akhir tahun, yang bisa memicu lonjakan kasus. Terlebih sejumlah daerah tujuan wisata sudah dibuka bagi wisatawan mancanegara.

“Intinya mobilitas masyarakat maupun orang asing harus menaati aturan dan  prosedur yang berlaku, jika tidak ingin kasus kembali melonjak saat libur Lebaran lalu,” kata Puan.

Baca Juga: Logistik di Posko Covid-19 Jateng Aman

Ia mengimbau seluruh pihak, baik pemerintah maupun masyarakat semakin gencar menerapkan prokes secara baik, percepatan vaksinasi, serta penguatan testing, tracing, treatment (3T) di lapangan.

“Mari bersama-sama mendisiplinkan diri kita untuk taat prokes dan ikut serta mengajak orang di sekitar kita untuk vaksinasi,” ujarnya.

Ia menyebut, jika Covid-19 bisa semakin terkendali berkat kerja keras dan gotong royong seluruh elemen bangsa, Indonesia bisa cepat pulih dari pandemi.

“Jika kita disiplin, tahun depan bisa jadi momentum kebangkitan bangsa Indonesia dari hantaman Covid-19,” ujar Puan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.