Kompas TV video tahu gak sih lo?

Mau Punya Mobil? Miliki Garasi Terlebih Dahulu atau Siap-Siap Denda!

Kompas.tv - 15 Oktober 2021, 15:00 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sempat viral sebuah video di akun Instagram @dashcamindonesia soal mobil yang diparkir di pinggir jalan dan menghalangi pengemudi lain untuk lewat.

Inilah pentingnya untuk memiliki garasi atau lahan parkir sebelum membeli mobil.

Namun, apakah peraturan ini tertuang dalam Undang-Undang? Jawabannya adalah jelas iya. Terdapat di Pasal 275 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Selain UU LLAJ, diatur juga oleh Pasal 38 Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan (PP Jalan). Pasal ini menyinggung soal fungsi jalan yang terganggu.

Baca Juga: Warga Tuban Borong 176 Mobil, Netizen Ingatkan Jangan Lupa Bikin Garasi

Fungsi jalan yang terganggu artinya adalah terjadinya perlambatan kecepatan kendaraan dan penumpukan barang, dalam hal ini adalah kendaraan bermotor seperti mobil.

Dan bagi pemilik kendaraan yang tidak memiliki garasi atau lahan parkir, siap-siap kurungan paling lama sebulan atau denda 250.000 Rupiah.

Nah, khusus Ibu Kota DKI Jakarta, aturan tentang perparkiran tertulis di Pasal 140 Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2012 tentang Perparkiran (Perda DKI Jakarta 5/2012), yang berbunyi:

  1. Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.
  2. Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor dilarang menyimpan kendaraan bermotor di ruang milik jalan.
  3. Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari kelurahan setempat.
  4. Surat bukti kepemilikan garasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menjadi syarat penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.
  5. Ketentuan lebih lanjut mengenai kepemilikan kendaraan bermotor diatur dengan peraturan gubernur.

Video Editor: Mukhammad Rengga Rinasty



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.