Kompas TV klik360 tahu gak sih lo?

Gaji UMR Bisa Investasi! Ini dia Tipsnya

Kamis, 14 Oktober 2021 | 12:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Apabila hari gajian sudah tiba, tak jarang anak muda dengan gaji Upah Minimum Regional kalap belanja. Padahal penting untuk diketahui penerapan menabung atau investasi sejak muda.

Tau gak sih lo? Kalau gaji UMR juga bisa dipakai untuk investasi demi masa depan?

Menurut Raymond Sutanto di artikel “Investasi untuk Pekerja dengan Gaji UMR” di Kompas.com, mengatakan ada beberapa langkah dalam memanfaatkan gaji bulanan untuk investasi. Di antaranya:

Tentujan tujuan investasi. Untuk apa investasi? Rumah? Mobil baru? Gadget? Melanjutkan sekolah? Dengan menuliskan tujuan investasi, seseorang akan memiliki niat yang lebih kuat dan yakin.

Membuat perencanaan juga penting. Setiap hari gajian tiba, langsung bagikan uang ke slot-slot pengeluaran bulanan. Misalnya kebutuhan pokok, hiburan, dan transportasi yang memang wajib dibayar setiap bulannya.

Perlu diingat bahwa uang untuk menabung adalah uang yang disiapkan. Jadi, saat membagikan uang ke slot-slot yang sudah disediakan, uang untuk investasi atau menabung juga harus dibagikan ke slot tertentu. Jangan uang sisa malah dijadikan prioritas untuk menabung atau investasi.

Baca Juga: Biar Mapan! Anak Muda Harus Tahu Beda Asuransi, Investasi dan Menabung

Pelajari jenis investasi yang akan digeluti. Dengan demikian, semakin kecil pula resiko tertipu atau terkena scam.

Untuk menambah modal investasi, cobalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bisa dengan melakukan pekerjaan tambahan seperti freelance atau jualan online.

Berhemat menjadi kunci untuk mendapatkan ketenangan secara finansial. Lagipula, dengan berhemat, modal investasi akan bertambah.

Pilihlah instrument investasi yang sesuai dengan karakteristik kamu. Sehingga bisa dengan mudah beradaptasi dengan jenis asset yang kamu miliki

Investasi itu tidak sulit, yang sulit adalah konsisten. Selamat berhemat dan berinvestasi!

Video Editor: Vila Randita

Penulis : Edika ipelona

Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:49
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19