Kompas TV video tahu gak sih lo?

Gaji UMR Bisa Investasi! Ini dia Tipsnya

Kompas.tv - 14 Oktober 2021, 12:45 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPAS.TV – Apabila hari gajian sudah tiba, tak jarang anak muda dengan gaji Upah Minimum Regional kalap belanja. Padahal penting untuk diketahui penerapan menabung atau investasi sejak muda.

Tau gak sih lo? Kalau gaji UMR juga bisa dipakai untuk investasi demi masa depan?

Menurut Raymond Sutanto di artikel “Investasi untuk Pekerja dengan Gaji UMR” di Kompas.com, mengatakan ada beberapa langkah dalam memanfaatkan gaji bulanan untuk investasi. Di antaranya:

Tentujan tujuan investasi. Untuk apa investasi? Rumah? Mobil baru? Gadget? Melanjutkan sekolah? Dengan menuliskan tujuan investasi, seseorang akan memiliki niat yang lebih kuat dan yakin.

Membuat perencanaan juga penting. Setiap hari gajian tiba, langsung bagikan uang ke slot-slot pengeluaran bulanan. Misalnya kebutuhan pokok, hiburan, dan transportasi yang memang wajib dibayar setiap bulannya.

Perlu diingat bahwa uang untuk menabung adalah uang yang disiapkan. Jadi, saat membagikan uang ke slot-slot yang sudah disediakan, uang untuk investasi atau menabung juga harus dibagikan ke slot tertentu. Jangan uang sisa malah dijadikan prioritas untuk menabung atau investasi.

Baca Juga: Biar Mapan! Anak Muda Harus Tahu Beda Asuransi, Investasi dan Menabung

Pelajari jenis investasi yang akan digeluti. Dengan demikian, semakin kecil pula resiko tertipu atau terkena scam.

Untuk menambah modal investasi, cobalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bisa dengan melakukan pekerjaan tambahan seperti freelance atau jualan online.

Berhemat menjadi kunci untuk mendapatkan ketenangan secara finansial. Lagipula, dengan berhemat, modal investasi akan bertambah.

Pilihlah instrument investasi yang sesuai dengan karakteristik kamu. Sehingga bisa dengan mudah beradaptasi dengan jenis asset yang kamu miliki

Investasi itu tidak sulit, yang sulit adalah konsisten. Selamat berhemat dan berinvestasi!

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.