Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Selawat Asyghil, Perbanyak di Bulan Maulid Agar Terhindar dari Kezaliman

Kompas.tv - 14 Oktober 2021, 12:47 WIB
bacaan-selawat-asyghil-perbanyak-di-bulan-maulid-agar-terhindar-dari-kezaliman
bacaan arab selawat Asyghil yang sebaiknya dibaca saat bulan Maulid Nabi (Sumber: dedik priyanto/kompas.tv)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selawat Asyghil adalah salah satu selawat yang paling populer dalam tradisi masyarakat di Indonesia. Apalagi ketika berada dalam bulan Maulid Nabi, kita akan lebih sering lagi mendengarnya berkumandang di masjid, mushola maupun majelis taklim.

Tradisi sunni yang kebanyakan dianut oleh umat Islam di Indonesia biasanya juga menggunakan selawat Asyghil dalam Istighatsah. Sebagai upaya berjamaah untuk bersama-sama melantukan cinta kepada Rasul, seraya berharap kelak mendapatkan syafaat dari beliau. 

Selawat ini selain bentuk kecintaan kita kepada baginda Nabi Muhammad SAW, juga kerap dibuat sebagai doa agar terhindar dari kezaliman maupun kejahatan  yang mungkin akan menimpa kita, kezaliman dari orang-orang yang mungkin tidak kita duga.

Berikut bacaan Selawat Asyghil, teks Arab dan artinya

bacaan arab selawat Asyghil yang sebaiknya dibaca saat bulan Maulid Nabi (Sumber: dedik priyanto/kompas.tv)

ALLAHUMMA SHOLLI ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA’ASHYGHILIDZ DZOLIMIN BIDZHOLIMIN WA AKHRIJNA MIN BAINIM SAALIMIN WA’ALA ALAHI WASHOHBIBI AJMAIN

Artinya: Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang zalim dengan orang zalim lainnya. Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan limpahkanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau.”

Semoga lewat selawat Asyghil ini kita mendapatkan keberkahan bulan Maulid Nabi, bulan Nabi Muhammad yang di dalamnya penuh dengan kebaikan. Amin. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.