Kompas TV religi beranda islami

3 Rekomendasi Buku Biografi Nabi Muhammad, Pas Dibaca di Bulan Maulid

Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:21 WIB
3-rekomendasi-buku-biografi-nabi-muhammad-pas-dibaca-di-bulan-maulid
Ini buku Muhammad karya Martin Lings, salah satu buku biografi Nabi Muhammad yang pas dibaca saat maulid Nabi (Sumber: dedik priyanto/kompas.tv)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rabiul Awal adalah bulan maulid, bulan kelahiran Nabi Muhammad. Artinya, sebagai muslim kita diingatkan, di bulan penuh berkah ini, hendaknya kita mengingat lagi momen dan pelbagai peristiwa sejarah dalam hidup nabi dan menjadikannya sebagai teladan untuk hidup.

Salah satu cara meneladani Nabi Muhammad adalah membaca biografi sosok yang lahir pada 12 rabiul awal ini. Apalagi, dengan membaca biografi Nabi (Sirah Nabawiyah) ini secara menyeluruh kita bisa melihat dari dekat beliau, menyaksikan  cara beliau memimpin umat dan pelbagai kejadian lain sebagai hikmah yang dapat kita ambil.

Berikut tiga rekomendasi biografi Nabi Muhammad yang layak untuk kita baca ulang. Tiga buku biografi ini juga sudah diterbitkan ke dalam bahasa Indonesia, jadi lebih mudah untuk dibaca ulang.

Tiga Buku Biografi Nabi Muhammad adalah

Pertama, Muhammad: His Life Based On The Earliest Sources karya Martin Lings

Buku ini tampaknya menjadi salah satu buku biografi Nabi Muhammad yang paling banyak dibaca oleh Muslim. Apalagi, Martin Lings menulis ini dengan gaya bertutur yang teduh, sastrawi dan lincah dalam mengurai sejarah, berdasarkan sumber-sumber klasik. Buku ini juga begitu menyentuh dan mendapatkan perhatian yang sangat besar di dunia Islam sebagai salah satu biografi Nabi paling bagus yang ditulis dalam masa modern.  

Martin Lings sendiri adalah professor di Universitas Kairo dan mempelajari kebudayaan Timur, ia memutuskan untuk mualaf ketika meneliti tentang Muhammad. Ia juga mengganti nama menjadi Abu Bakar Sirajjuddin. 

Baca Juga: Berkenalan dengan Mukhairiq, Orang Yahudi yang Pernah Membantu Nabi Muhammad

Kedua, The Great Episodes of Muhammad karya Syekh Ramadhan Al-Bouthi

Salah satu buku sejarah Nabi (Sirah) yang dianggap paling otoritatif mendedahkan kehidupan Rasulullah adalah karya Syekh Said Ramadhan al-Buthi. Beliau pun mengambil khazanah

Ulama kharistimatik asal Suriah yang begitu dihormati dalam dunia Islam kontemporer ini mengurai kehidupan Nabi Muhammmad dengan detil, lengkap dengan argumen dan data sejarah valid terkait kesalahpahaman memahami Nabi yang kerap terjadi, khususnya di dunia barat.  

Ketiga, Mohamed: The First Moslem karya Lesley Hezleton  

Buku ini dianggap sebagai salah satu buku biografi yang paling jernih untuk memotret kehidupan Nabi Muhammad. Khususnya kondisi psikologis dan perasaan yang menimpa pemimpin Umat Agung Umat Islam itu ketika berhadapan realitas di Arab.

Realitas yang membuat Nabi sendiri hidup bukan dalam kondisi yang serba ada (taken from granted) melainkan ada pra kondisi, keadaan sosial dan politik atau semacamnya yang menjadikan Nabi sebagai salah satu pemimpin terbesar dalam sejarah peradaban manusia.

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:22
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19