Kompas TV regional berita daerah

Budidaya Landak Mini, Peluang Bisnis dengan Untung Jumbo

Kompas.tv - 14 Oktober 2021, 10:16 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MALANG, KOMPAS.TV - Berawal dari hobi, seorang warga di Kota Malang Jawa Timur sukses menggeluti usaha budidaya landak mini. Hewan mungil berduri itu makin dicintai masyarakat hingga mendatangkan peluang bisnis menjanjikan. Berikut ini cara budidaya landak mini.

Salah satu peternak landak mini yang berhasil adalah Firman Imawan, warga Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Budidaya landak mini dilakukan dengan memanfaatkan salah satu ruangan di rumahnya.

Budidaya landak mini berawal dari hobinya memelihara binatang. Pada tahun 2018, Firman mulai mencoba memelihara landak mini. Berawal dari dua pasang, kini jumlah landak mini miliknya terus bertambah.

Baca Juga: Tips Budidaya Burung Kenari Lokal dan Persilangan di Lahan Sempit Lorong Rumah

Firman menggunakan teknik khusus dalam budidaya landak mini, yakni teknik jeda pada proses beranak atau melahirkan. Landak betina hanya diberikan waktu dua kali beranak atau melahirkan dalam kurun waktu 1 tahun dengan jeda 4 bulan.

Satu indukan bisa menghasilkan empat anak dalam setahun. Teknik ini dilakukan agar kondisi indukan landak tetap sehat dan anakan yang dihasilkan berkualitas bagus, sehat dan kuat dari serangan penyakit.

Satu ekor landak mini dijual dengan harga bervariasi, mulai 180 ribu hingga 500 ribu rupiah tergantung ukuran dan jenisnya.

Baca Juga: Budidaya Kucing Bengal Datangkan Untung, Warna Bulu Mirip Macan Tutul

Dalam 1 bulan, Firman mengaku bisa menjual belasan ekor landak mini. Bahkan ia kewalahan memenuhi permintaan dari penghobi landak mini yang terus meningkat.

Berkembangnya usaha budidaya landak mini membuat Firman semakin serius menggelutinya dan membuatnya enggan merantau lagi untuk bekerja ke Bali

#LandakMini #BudidayaLandak #KotaMalang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x