Kompas TV regional peristiwa

Kocak! Begini Duel Pantun Sandiaga Uno dan Bupati Banyumas

Kompas.tv - 14 Oktober 2021, 09:53 WIB
kocak-begini-duel-pantun-sandiaga-uno-dan-bupati-banyumas
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memberi makan burung di kawasan Desa Wisata Mangunan, Kabupaten Bantul, DIY. Minggu (10/10/2021) (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

BANYUMAS, KOMPAS.TV — Ada yang unik dalam kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Desa Wisata Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (13/10/2021). Sandiaga sempat berduel pantun dengan Bupati Banyumas Achmad Husein. 

Peristiwa duel pantun itu terjadi tepatnya sebelum Sandiaga menandatangani prasasti desa wisata. Pantun yang dilontarkan Sandiaga itu mengundang tawa orang-orang yang hadir. 

"Pergi ke Banyumas makan mendoan, jangan lupa icip juga es krim keliling. Pesona Desa Wisata Cikakak sungguhlah menawan, membuat hati tak bisa berpaling," begitu ucap Sandiaga, Rabu, seperti dikutip dari Kompas.com. 

Baca Juga: Sandiaga Uno Beradu Pantun dengan Acil Jukung Pasar Terapung Siring Menara Pandang Banjarmasin

Setelah memberi kesempatan orang-orang yang datang tertawa dan bertepuk tangan, Sandiaga melanjutkan dengan pantun kedua. 

"Pergi ke Banyumas membeli beskap, beskapnya bagus dijahit dari bahan pilihan. Mencari destinasi wisata yang lengkap, tentu Desa Wisata Cikakak yang menjadi andalan," tandasnya. 

Husein yang berdiri tak jauh dari Sandiaga tertantang untuk membalas pantun yang dilontarkan Sandiaga.

"Adik kakak pergi pesiar di hari Sabtu, wisata di Cikakak harus menjadi nomor satu," kata Husein membalas. 

Setelah melontarkan pantun pertama dengan mulus, Husein bermaksud meleparkan pantun keduanya. Namun, Husein lupa dengan kalimat yang hendak ia ucapkan. Tingkah itu membuat tawa Sandiaga pecah. 

Sebelum duel pantun, Sandiaga memberikan sambutan. Dalam sambutannya, ia menuturkan bahwa Desa Cikakak mirip dengan Desa Sangeh di Badung, Bali. Sama dengan di Desa Sangeh, di Desa Cikakak juga terdapat banyak kera. 

"Kalau ada Sangeh di Bali, di sini juga ada fenomena yang sama. Saya sudah mencatatnya bagaimana penanganan ke depan desa ini," kata Sandiaga. 

Dalam kunjungannya ke Desa Cikakak, Sandiaga melihat langsung suguhan wisata di desa yang masuk dalam 50 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 itu. Sandiaga menyaksikan kerajinan dan kuliner khas Desa Cikakak serta mengikuti festival Rewanda Bojana, yaitu memberi makan kera dengan gunungan buah. Tak lupa. Sandiaga juga sempat melihat wisata sejarah yaitu Masjid Saka Tunggal.

Baca Juga: Ucapkan Duka Cita, Sandiaga Kenang Perjumpaannya dengan Sapri Pantun

 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.