Kompas TV regional berita daerah

Kisah Sukses Beternak Landak Mini

Kompas.tv - 13 Oktober 2021, 21:46 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

KOTA MALANG, KOMPAS.TV -  Seorang warga di kota malang, jawa timur, yang berhenti bekerja karena terdampak pandemi covid-19, justru sukses beternak landak mini. Dari ternak hewan piaraan ini, dirinya mampu meraup untung hingga jutaan rupiah.


Salah satu peternak landak mini yang berhasil adalah Firman Imawan, warga Cemorokandang, Kota Malang. Dengan memanfaatkan ruang kosong di rumahnya, Firman merawat dan mengembangbiakkan puluhan landak mini. Setiap harinya, Firman membersihkan kandang kandang landak serta memberikan makan dan minum binatang berduri ini.

Firman menceritakan, mengembang biakkan landak mini berawal dari hobinya memelihara binatang. Pada tahun 2018 Firman mencoba memelihara landak mini.  Berawal dari dua pasang, landak mini pun terus berkembang biak. Melihat perkembangan landak mini, Firman melihat ada peluang bisnis. Kini ia pun menggeluti dunia hobi ini dengan serius, terlebih saat pekerjaannya di Bali terimbas saat pandemi sehingga dirinya terpaksa harus pulang ke Malang.

Satu ekor landak mini dijual dengan harga cukup bervariasi, mulai seratus delapan puluh ribu hingga lima ratus ribu rupiah per ekor. Harga tersebut tergantung dari ukuran dan jenis landak. Untuk saat ini bisnis landak mini menurut Firman cukup menjanjikan. Dalam satu bulan, Firman bisa menjual belasan landak mini. Bahkan tingginya permintaan dari para penghobi diakuinya cukup membuat kwalahan.

Meski cukup menjanjikan, Firman tetap memberikan jeda pada landak landaknya dalam berkembang biak. Dalam satu tahun satu betina hanya diberikan dua kali beranak dengan jeda tiga hingga empat bulan satu indukan bisa menghasilkan empat anak. Hal ini dia lakukan agar kondisi landak tetap sehat dan anakan yang dihasilkan berkualitas bagus.

#beritakotamalang

#landakmini

#budidaya

#landak



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.