Kompas TV regional berita daerah

Bayar Iuran Air Dengan Buah

Kompas.tv - 13 Oktober 2021, 21:36 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

BANGKALAN, KOMPAS.TV - Warga di Bangkalan, Jawa Timur, punya cara sendiri untuk membayar iuran air bersih di desanya. Para warga membayar iuaran air dengan buah buahan hasil bumi mereka.

Beberapa tahun yang lalu warga Dandang Dajah, Kecamatan Tanjung Bumi Bangkalan, harus berjalan  tiga kilometer untuk menemukan mata air bersih. Itupun harus berebut dengan warga lain agar kebagian air di satu satunya sumur di daerah tersebut.

Namun sejak ada bantuan pengeboran air bersih dan pipanisasi CSR Pertamina, air yang di bor dari dalam tanah itu, mampu mensuplay hingga ke empat desa di Kecamatan Tanjung Bumi Bangkalan.

Dengan adanya bantuan dari CSR Pertamina ini, kini kebutuhan air di daerah ini sangat mencukupi, sehingga warga bisa mengembangkan usaha karena air sudah tersedia dengan baik.

Menariknya warga yang memiliki hasil bumi seperti mangga, pepaya dan sukun, bisa membayar tagihan air dengan buah buahan tersebut.

Pembayaran dengan buah buahan ini sangat membantu warga, karena masa pandemi covid 19 seperti saat ini, masih sulit mendapatkan uang tunai untuk membayar tagihan air mereka.

#beritabangkalan

#madura

#airbersih

#hipam



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x