Kompas TV video sinau

Kenali 9 Warna Urine dan Artinya Pada Kondisi Kesehatan Tubuh

Kompas.tv - 20 Oktober 2021, 16:35 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Warna urine yang berbeda-beda dipengaruhi oleh zat sisa dari dalam darah yang dikeluarkan tubuh untuk membuang racun.

Setiap warna dari urine bisa memberikan sejumlah informasi tentang kesehatan dan kondisi tubuh, namun konsumsi obat juga mempengaruhi warna urine.

Umumnya warna urine dapat memberitahu seberapa terhidrasinya tubuh, maka dari itu warna urine yang tidak biasa bisa menjadi tanda penyakit.

Berikut beberapa kategori warna urine dan artinya bagi kesehatan:

Urine berwarna bening/transparan berarti tubuh terhidrasi lebih dari cukup. Sedangkan warna kuning pucat pada urine menunjukkan bahwa tubuh terhidrasi dengan baik.

Jika urine berwarna kuning, maka hal tersebut menunjukkan warna normal, yang berarti kondisi tubuh cukup terhidrasi.

Urine berwarna kuning tua menunjukkan kondisi tubuh baik, namun perlu menambah asupan air. Sementara jika urine berwarna kecokelatan, hal itu menandakan tubuh dehidrasi dan perlu minum banyak air.

Warna urine cokelat menunjukkan adanya penyakit hati (liver) atau dehidrasi. Yang diperlukan jika mengalami kondisi ini adalah minum lebih banyak air, atau hubungi dokter untuk penanganan lanjutan.

Urine berwarna oranye menunjukkan gejala dehidrasi. Namun bisa juga disebabkan warna dari asupan makanan atau obat.

Begitu pula jika urine berwarna merah, yang berasal dari asupan makanan. Namun perlu diwaspadai pula adanya kemungkinan beberapa kondisi kesehatan seperti batu ginjal.

Urine berwarna biru atau hijau bisa disebabkan oleh pewarna makanan, atau efek dari obat-obatan dan infeksi bakteri.

Perubahan warna urine dapat terjadi karena beragam hal, jadi perhatikan dengan baik kondisi urine. Maka dari itu, perbanyak minum air putih jika perubahan warna urine Anda terjadi karena dehidrasi.

Namun jika warna urine tetap tidak kembali normal meski sudah cukup minum air, segeralah periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 5 Manfaat Kayu Putih atau Eucalyptus untuk Kesehatan

(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.