Kompas TV video sinau

Diminati Milenial dan Gen Z, Ini Tips Memilih Produk Asuransi dari OJK

Kompas.tv - 13 Oktober 2021, 19:11 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Kepemilikan asuransi masih dianggap penting oleh masyarakat, termasuk generasi milenial dengan rentang usia 25 hingga 41 tahun.

Menurut riset Insurance Industry Outlook 2021, sebanyak 78,7 persen dari 629 responden menganggap ancaman pandemi membuat generasi milenial semakin sadar akan kepemilikan asuransi jiwa.

Tak hanya membantu melindungi diri dari kejadian tak menyenangkan, memiliki produk asuransi jiwa juga dapat jadi upaya memiliki keuangan yang stabil di masa depan.

Selain meningkatnya kesadaran terhadap manfaat asuransi jiwa, milenial dan Gen-Z juga dinilai menjadi salah satu penopang pendapatan industri asuransi di Indonesia.

Hal ini juga diungkapkan Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody A.S. Dalimunthe dalam webinar WartaEkonomi, Rabu (14/4/2021).

Terlebih, perkembangan produk asuransi digital memudahkan milenial dan Gen-Z untuk mencari informasi seputar asuransi.

"Kaum milenial punya posisi penting di industri ini (asuransi), baik di wirausaha maupun pemerintahan. Generasi Z tumbuh sehingga edukasi dan asuransi tumbuh bagus," ujar Dalimunthe.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ada beberapa hal yang harus diperhatikan milenial sebelum memilih produk asuransi.

Pertama, mengetahui produk asuransi apa yang dipilih, meliputi manfaat produk, harga atau biaya produk hingga risiko dari produk tersebut.

Kedua, memastikan apakah perusahan penyedia produk asuransi sudah terdaftar di OJK atau tidak. Informasi seputar status perusahaan asuransi bisa diperoleh dengan menelepon layanan kontak OJK di 157.

Selain itu, pastikan untuk memahami dan meneliti detil informasi mengenai benefit polis yang diambil, dan sesuaikan dengan kebutuhan serta tanggungan setiap bulannya.

Baca Juga: Simak Tips Pilih Perusahaan Asuransi Dari OJK Agar Tak Terjebak Perusahaan Abal-abal

(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.