Kompas TV regional gaya hidup

10 Etiket Berinternet untuk Komunikasi yang Lebih Sehat

Kompas.tv - 13 Oktober 2021, 15:58 WIB
10-etiket-berinternet-untuk-komunikasi-yang-lebih-sehat
Ilustrasi berinternet. Terdapat etiket dalam berinternet yang sebaiknya Anda pertimbangkan. (Sumber: Christin Hume via Unsplash)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Etiket sosial dalam kehidupan nyata sudah dirumuskan dan ditanamkan sejak zaman dahulu. Namun, bagaimana dengan etiket berinternet

Dibanding etiket sosial, etiket berinternet atau “netiket” merupakan konsep baru. Istilah ini merujuk pada tata cara atau kode tak resmi mengenai kelakuan baik di internet.

Tidak ada rumusan baku mengenai etiket berinternet. Sebagian pakar dan lembaga pun kerap menyusun etiket berinternet sendiri.

Salah satu etiket berinternet dirumuskan oleh Virginia Shea dalam buku berjudul Netiquette. Setidaknya terdapat 10 prinsip untuk berkelakuan baik di internet. Berikut 10 prinsip tersebut.

1. Ingat manusia di balik internet

Selalu ingat bahwa apa pun yang Anda unggah di internet akan dibaca/dipirsa oleh manusia asli. Untuk itu, mereka berhak menyimak informasi dengan cara terhormat.

Baca Juga: Besok Kuota Internet Gratis dari Pemerintah Cair, Ini Cara Cek Sudah Masuk atau Belum

Tips untuk menerapkannya adalah, perlakukan siapa pun di internet sebagaiman Anda ingin diperlakukan.

2. Terapkan standar perilaku kehidupan nyata di internet.

Standar perilaku di internet seharusnya tidak lebih rendah dibanding di dunia nyata. Pertahankan komunikasi bermartabat dunia nyata ketika Anda berselancar di internet. 

Jika terpancing untuk bersikap kasar di internet, selalu ingat satu hal: Apakah Anda juga akan bersikap kasar jika bertemu di dunia nyata? Seringnya tidak, kan.

3. Bisa menempatkan diri.

Tata cara komunikasi dapat berbeda dari satu platofrm dengan platform lainnya, bahkan antara satu ruang diskusi dan ruang diskusi lainnya. Anda pun mestinya sadar bagaimana harus bersikap di ruang-ruang yang berbeda.

Suatu cara komunikasi dapat diterima di satu tempat, tetapi mungkin tidak bisa diterima di tempat lain. 

4. Hargai waktu orang lain.

Kesibukan orang terkadang membuat mereka lambat merespons surel atau diskusi yang Anda ikuti. 

Selain itu, jangan lupa untuk berkomunikasi secara efisien dan jelas.

5. Tampil baik di internet.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x