Kompas TV nasional update

688.800 Dosis Vaksin AstraZeneca Donasi Pemerintah Perancis Tiba di RI Hari ini

Kompas.tv - 13 Oktober 2021, 15:15 WIB
688-800-dosis-vaksin-astrazeneca-donasi-pemerintah-perancis-tiba-di-ri-hari-ini
688.800 dosis vaksin AstraZeneca sumbangan dari Pemerintah Perancis tiba di Indonesia hari ini. (Sumber: Marijan Murat / dpa via AP)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Perancis kembali memberikan tambahan bantuan vaksin Covid-19 AsztraZeneca untuk Indonesia. 

Sumbangan dari Perancis melalui skema COVAX facility ini akan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada hari ini, Rabu (13/10/2021).

Untuk diketahui, Indonesia akan menerima sebanyak 688.800 dosis vaksin AstraZeneca.

"Sebanyak 688.800 dosis melalui fasilitas COVAX yang akan tiba hari ini di Jakarta," kata Kedutaan Besar Perancis dikutip dari ANTARA, Rabu. 

Sebelumnya, pada 10 September dan 2 Oktober, sebanyak 3.163.540 dosis vaksin telah dikirimkan Perancis ke Indonesia dalam empat pengiriman terpisah, baik melalui fasilitas COVAX maupun melalui jalur bilateral.

Adapun keempat sumbangan vaksin tersebut merupakan tindaklanjut dari pengumuman Presiden Emmanuel Macron, pada tanggal 4 Agustus yang lalu.

Di mana dia mengungkapkan bahwa sebagai wujud solidaritas dalam menghadapi Pandemi Covid-19,3 juta dosis vaksin akan dihibahkan Perancis kepada Indonesia.

Baca Juga: AstraZeneca Ajukan Izin Penggunaan Darurat Terapi Antibodi Covid-19 ke FDA Amerika Serikat

Pengiriman vaksin AstraZeneca pada tahap ke lima ini akan menambah jumlah sumbangan dosis vaksin dari Perancis mendekati 4 juta dosis. 

"Ini dilakukan demi mendukung kampanye vaksinasi yang dilaksanakan Pemerintah Indonesia," ungkapnya. 

Mengingat, sumbangan dosis vaksin sangat penting dan telah terbukti menjadi satu-satunya respons jangka pendek yang efektif untuk mendukung pengiriman vaksin ke seluruh dunia.

"Perancis terus mendampingi Indonesia dalam upaya memerangi wabah Covid-19," lanjutnya. 

Sementara itu, fasilitas COVAX ini didirikan dengan dukungan Uni Eropa, termasuk Perancis.

Hal ini dilakukan untuk menjamin akses yang adil terhadap vaksin Covid-19 yang aman, efektif dan disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Baca Juga: Sentra Vaksinasi RSUI Kini Sediakan Vaksin Pfizer dan AstraZeneca, Ini Syaratnya



Sumber : Kompas TV/ANTARA

BERITA LAINNYA



Close Ads x