Kompas TV nasional politik

Gerindra Akan Usung Prabowo di Pilpres 2024, Apakah Demokrat Akan Dukung Lagi?

Kompas.tv - 13 Oktober 2021, 14:44 WIB
gerindra-akan-usung-prabowo-di-pilpres-2024-apakah-demokrat-akan-dukung-lagi
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Gerindra kembali menyodorkan Ketua Umumnya Prabowo Subianto untuk ikut menjadi peserta Pilpres 2024. Hal ini pun membuat sejumlah partai politik memberikan beragam komentar, terlebih mereka yang notabenenya telah mendukung di perhelatan Pilpres 2019 lalu. 

Salah satu partai yang memberikan dukungan pada Pilpres 2019 lalu ialah Partai Demokrat. Lantas, ketika mengetahui mantan Danjen Kopassus itu akan mengikuti kembali pesta demokrasi lima tahunan itu, Demokrat akan kembali mendukung?

Baca Juga: Bursa Capres 2024, PKB Buka Peluang Pasangkan Prabowo-Muhaimin

Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan belum bisa memberikan komentar lebih mendalam ihwal keputusan Partai Gerindra tersebut. 

Meski begitu, dirinya berharap agar Pilpres 2024 mendatang itu dapat diikuti oleh lebih dari dua pasangan calon. Sehingga, masyarakat bisa menilai sosok mana yang bisa dipercaya memimpin Indonesia lima tahun mendatang. 

"Ini mesti dihindari agar tak mengulang kembali proses politik yang mengakibatkan pembelahan di masyarakat. Terlalu berisiko dan terlalu mahal harga yang mesti ditanggung sebagai bangsa," kata Kamhar kepada Kompas TV, Rabu (13/10/2021). 

Menurutnya, partai berlambang bintang mercy itu pasti akan menyampaikan kepada publik terkait sikap dan keputusan politik partai merespons tahun politik 2024. 

"Tahun 2021 hingga semester pertama 2022 masih menempatkan konsolidasi internal organisasi dan kerja-kerja nyata bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 sebagai skala prioritas," katanya. 

Ia menyatakan, pihaknya menghargai keputusan politik Partai Gerindra yang kembali mengusung Prabowo sebagai peserta Pilpres 2024 mendatang. 

"Bagi partai-partai yang memiliki figur potensial akan berupaya mendorong kader terbaiknya untuk tampil menjadi kontestan dengan harapan mendapatkan efek ekor jas (coattail effect) bagi partainya," ujarnya. 

Baca Juga: Puan Dinilai Sulit Dongkrak Elektabilitas Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengkonfirmasi Ketua Umum Prabowo Subianto yang akan maju di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Menurut dia, alasan dasar itu datang karena masifnya permintaan rakyat.

"Saya katakan, 2024 Pak Prabowo Insya Allah akan maju dalam laga pilpres. Majunya beliau karena pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud," kata Muzani dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (10/10).

Konfirmasi majunya Prabowo ke hajatan lima tahun itu, ditegaskan Muzani saat menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) DPD Gerindra Sulawesi Selatan (Sulsel) Sabtu (9/10). 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x