Kompas TV nasional politik

Bela Yusril, Kubu Moeldoko: Ideologi Hitler Tercermin di Dalam AD ART Partai Demokrat Tahun 2020

Kompas.tv - 13 Oktober 2021, 14:20 WIB
bela-yusril-kubu-moeldoko-ideologi-hitler-tercermin-di-dalam-ad-art-partai-demokrat-tahun-2020
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama sejumlah kader. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Yusril Ihza Mahendra dituding Benny Kabur Harman menggunakan cara berpikir totaliter Hitler dalam hal Judicial Review AD ART di Mahkamah Agung. Tetapi bagi pihak Moeldoko, ideologi Hitler tercermin didalam AD ART Partai Demokrat Tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara KLB Deli Serdang Muhammad Rahmad, Rabu (13/10/2021).

“Apa yang disebut Benny K Harman tentang cara berpikir totaliter yang mirip Hitler, maka sesungguhnya, cara berpikir mirip Hitler yang totaliter dan otokrasi itu tercermin didalam AD ART Partai Demokrat Tahun 2020,” ujar M Rahmad.

Menurutnya, di dalam AD ART Partai Demokrat Tahun 2020, paham totaliter sangat kental.

“Paham totaliter itu pula yang diamalkan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) didalam Partai Demokrat sehingga perbedaan pendapat dianggap barang haram,” ujarnya.

Baca Juga: Yusril: Kemarin Saya Dijuluki Pengacara Rp100 M, Sekarang Nazi Hitler, Untung Enggak Dicap PKI

“Kader yang berseberangan dipecat dan tidak ada ruang untuk adanya perbedaan pendapat. KLB dianggap barang ilegal walaupun KLB itu dibenarkan oleh Undang-undang.”

Selain itu, di dalam AD ART Partai Demokrat Tahun 2020 itu pula, kekuasaan politik dipegang oleh satu orang (otokrasi), yaitu SBY sebagai Ketua Majelis Tinggi.

“Jadi, bila kita bicara ideologi Hitler yang totaliter dan otokrasi, maka ideologi Hitler itu tercermin didalam AD ART Partai Demokrat Tahun 2020,” kata Rahmad.

Rahmad lebih lanjut menuturkan ideologi Hitler tentang Totaliter dan Otokrasi bertolak belakang dengan ideologi Pancasila. Oleh karena itu, ideologi Hitler harus dibumi hanguskan di Indonesia.

“Ini bukan soal kekuasan politik KLB Deli Serdang atau soal kekuasan politik SBY AHY semata, tapi ini adalah soal masa depan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Baca Juga: Demokrat: Yusril Ihza Mahendra Gunakan Cara Pikir Hitler di Gugatan Uji Materi AD/ART

“Jerman berubah 180 derajat ketika ideologi Hitler dalam Partai Politik NAZI menguasai sistem pemerintahan Jerman. Bayangkan jika partai politik yang memiliki pemahaman yang mirip ideologi Hitler itu berkuasa di Indonesia. Ideologi Pancasila akan terancam.”

Dalam pendapatnya, Rahmad mengatakan Partai Demokrat tahun 2001 sd 2014, tidak memiliki AD ART yang totaliter dan otokrasi, atau tidak mirip dengan ideologi Hitler. Ideologi Hitler itu baru tercermin didalam AD ART Partai Demokrat tahun 2020.

“Oleh sebab itu, kami mendukung Benny K Harman untuk memusnahkan cara berpikir totaliter Hitlerian yang tercermin didalam AD ART Partai Demokrat,” ucap Rahmad.

“Orang yang keberatan dengan dimusnahkannya AD ART Partai Demokrat Tahun 2020, sama artinya dengan orang yang ingin mempertahankan ideologi Hitler didalam sistem kepartaian atau yang ingin mempertahankan ideologi Hitler didalam Partai Demokrat.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x