Kompas TV regional berita daerah

Dampak Konflik PDIP Bisa Postif dan Negatif

Kompas.tv - 13 Oktober 2021, 13:54 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ditemui di Kampus Undip Tembalang Semarang, pengamat politik Teguh Yuwono menilai, dibutuhkan kedewasaan berpolitik dalam mengelola konflik internal. Persoalan internal tidak keluar dari partai politik, sehingga tidak menganggu silaturahmi dan menimbulkan kegaduhan.

Teguh menyayangkan munculnya istilah-istilah binatang, seperti banteng, celeng, dan bebek. Jangan sampai adanya konflik personal atau internal mendapat sorotan yang tidak baik dari publik.

Langkah ketua umum dengan melarang kader untuk membicarakan masalah pilpres dinilai Teguh akan ditaati oleh kadernya. Perseteruan di tubuh PDIP terkait pilpres ini bisa berdampak positif dan negatif.

"Pengaruhnya tentu bisa positif, bisa negatif. Positifnya itu mungkin kemudian memperkuat soliditas partai politik, memperkuat ikatan partai politik. Tapi bisa juga kemudian, sisi negatifnya adalah menjadi kontraproduktif untuk PDIP. Orang akan mengatakan kalo begitu demokrasi, kebebasan pendapat di PDIP belum dikembangkan. Tetapi  PDIP kan punya budaya politik sendiri, yang mengatakan bahwa seluruh proses yang berhubungan dengan kepemimpinan nasional itu hak prerogatif ketua umum. Nah kalo orang sekarang menjadi bagian dari partai politik ya harus loyal terhadap itu," tutur Teguh.

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Jateng sekaligus Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, mengatakan kader yang tidak segaris atau satu barisan bukan lagi banteng melainkan celeng. Pernyataan bambang untuk mengingatkan kepada kader agar berada di satu barisan, karena sebelumnya terindikasi, ada kader PDIP yang mendukung dan menghadiri deklarasi yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

#pdip #teguhyuwono #pengamatpolitikundip

 

 



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.