Kompas TV nasional politik

Wakil Ketua DPR Minta Polri dan OJK Berkoordinasi Tindak Pinjol Ilegal

Kompas.tv - 13 Oktober 2021, 12:55 WIB
wakil-ketua-dpr-minta-polri-dan-ojk-berkoordinasi-tindak-pinjol-ilegal
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/3/2020) (Sumber: KOMPAS.com/TSARINA MAHARAN)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta Polri dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saling berkoordinasi untuk menindak tegas maraknya pinjaman online (Pinjol) ilegal yang semakin hari kian meresahkan masyarakat. 

"Oleh karenanya, saya meminta Polri dan OJK untuk menindak tegas serta memberantas maraknya penipuan pinjol ilegal tersebut," kata Dasco di Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Menurut dia, bila masalah ini tak segera menjadi prioritas utama kedua lembaga itu, nantinya masyarakat akan menjadi korban dari praktik haram tersebut.

Baca Juga: Telanjur Pinjam ke Pinjol dan Diteror Debt Collector? Ini yang Harus Dilakukan

"Masalah pinjol ilegal adalah permasalahan krusial dan meresahkan masyarakat, ada yang terganggu secara psikis, depresi, bahkan bunuh diri karena merasa tertekan," ujarnya.

Ia menyebut, perkembangan teknologi saat ini, marak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan malakukan aksi-aksi penipuan seperti pinjol ilegal yang berbasis digital.

"Saya fikir, tidak hanya pelaku ya, tetapi pihak kepolisian harus memberikan efek jera kepada para investor dari pinjaman online ilegal yang kerap melakukan aksi teror kepada masyarakat yang menjadi korban pinjol," ujarnya.

Politikus Partai Gerindra itu menilai maraknya pinjol ilegal juga harus menjadi indikator bagi otoritas keuangan untuk instrospeksi dan mengevaluasi pada lembaga keuangan seperti bank, koperasi, dan Permodalan Nasional Madani (PNM). 

Baca Juga: Kasus Teror Pinjol Ilegal Kembali Terjadi, Ibu Rumah Tangga Bunuh Diri

"Saya mendorong pemerintah dan otoritas keuangan agar segara memperkuat perbankan untuk rakyat kecil, koperasi, dan UMKM. Berikan akses dan prosedur yang lebih mudah serta perluas jangkauan hingga ke seluruh pelosok negeri," kata dia.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.