Kompas TV nasional peristiwa

Insiden Serupa, Pesawat Wings Putar Balik Akibat Pintu Darurat Diduga Ditarik Oleh Penumpang

Kompas.tv - 13 Oktober 2021, 09:38 WIB
insiden-serupa-pesawat-wings-putar-balik-akibat-pintu-darurat-diduga-ditarik-oleh-penumpang
Pesawat Wings Air rute penerbangan Lombok - Bima, kembali mendarat di Bandara Lombok, Selasa (12/10/2021). (Sumber: Facebook/Dewi Ratna Muchlisa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

LOMBOK, KOMPAS.TV - Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW1878 tujuan Bima putar balik setelah terbang selama 20 menit ke Bandara Lombok, Selasa (12/10/2021).

Tindakan tersebut dilakukan diduga akibat salah satu tuas pintu darurat dibuka oleh salah seorang penumpang.

Salah satu penumpang Dewi Ratna Muchlisa melalui Facebook miliknya mengunggah siaran langsung suasana ketika pesawat itu putar baik dan kembali mendarat di Bandara Lombok.

Padahal pesawat Wings Air tipe ATR72 itu baru terbang selama 20 menit sejak pukul 16.06 WITA dan kembali pada 16.26 WITA.

Siaran berdurasi 9 menit 22 detik itu menyebutkan insiden terjadi akibat ulah satu penumpang yang duduk di bagian depan dan memegang tuas pintu darurat. Entah karena apa pintu darurat menjadi sedikit terbuka.

Baca Juga: Kesaksian Penumpang Citilink Mendarat Darurat Akibat Anak 6 Tahun Buka Pintu Darurat

Humas Bandara Lombok Arif Haryanto mengonfirmasi pesawat Wings Ari melakukan return to base (RTB) pada Selasa (12/10).

Pesawat itu membawa 62 penumpang kembali ke bandara asal dengan alasan air pressure trouble.

"Kalau lihat ATD (actual time of departure) dan ATA (actual time arrival) setelah terbang sekitar 20 menit, pilot memutuskan untuk mendarat kembali ke bandara asal (RTB) karena alasan air pressure trouble," kata Arif dikutip dari rilis tertulis, Selasa.

Semua penumpang berhasil turun dengan selamat dan akan diberangkatkan kembali pada Kamis (14/10/2021) besok pukul 11.00 WITA.

Terkait permasalahan tuas pintu darurat yang diduga ditarik penumpang, Arif tak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Persoalan tersebut menurutnya bukan ranahnya dan mejadi ranah maskapai penerbangan.

"Kami di pihak bandara hanya memastikan penanganan penumpang yang terdampak penundaan penerbangan tersebut ditangani oleh pihak maskapai penerbangan sesuai ketentuan yang berlaku," ucapnya.

Baca Juga: Begini Kronologi Anak Buka Pintu Darurat Citilink hingga Penerbangan Dialihkan

Sebelumnya insiden serupa juga terjadi pada pesawat Citilink QQ 944. Diketahui seorang anak membuka pintu darurat pesawat hingga pesawat melakukan pendaratan darurat di tengah perjalanan.

Diberitakan Kompas TV, pesawat Citilink rute Cengkareng-Batam mendarat darurat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Senin (27/9/2021), pukul 16.05 WIB.

Penumpang anak itu membuka penutup tuas pintu darurat atau over handle emergency exit, sehingga membuat para kru pesawat kalang kabut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x