Kompas TV internasional kompas dunia

Hadapi Perubahan Iklim, Inggris Diprediksi akan Dilanda Banjir Besar Pada Musim Panas

Rabu, 13 Oktober 2021 | 07:27 WIB
hadapi-perubahan-iklim-inggris-diprediksi-akan-dilanda-banjir-besar-pada-musim-panas
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier berdiri di pinggir sungai di Ahrweiler, Jerman, Minggu, 10 Oktober 2021, yaitu wilayah yang dilanda banjir besar pada Juli lalu. Inggris diperkirakan akan mengalami banjir besar seperti yang dialami Jerman. Hal ini diungkapkan Badan Lingkungan Inggris, Rabu, 13 Oktober 2021. (Sumber: Associated Press)

LONDON, KOMPAS.TV - Inggris diprediksi akan dilanda banjir besar seperti yang melanda Jerman pada musim panas ini. Badan pemerintah Inggris pada Rabu (13/10/2021) menyatakan, Inggris harus meningkatkan pertahanannya terhadap cuaca ekstrem yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Dalam sebuah laporan, Badan Lingkungan memperingatkan musim panas yang lebih panas dari biasanya akan terjadi.

Selain itu, musim panas mendatang akan lebih kering dari biasanya. Meski demikian, diperkirakan banjir justru akan terjadi juga ketika musim panas. 

Baca Juga: Desak Aksi Lebih Berani Menghadapi Perubahan Iklim, Ribuan Orang Berunjuk Rasa di Brussels Belgia

Mereka memperkirakan suhu akan naik sebanyak 2 derajat Celsius. Sedangkan curah hujan pada musim dingin Inggris akan meningkat 6%, tetapi curah hujan musim panas akan turun 15% pada tahun 2050-an.

Laporan itu juga memperingatkan bahwa permukaan air laut di London diperkirakan akan naik antara 23 sentimeter hingga 29 sentimeter pada tahun 2050-an. Kemudian pada tahun 2080-an, permukaan air laut akan naik sekitar 45 sentimeter.

Emma Howard Boyd, ketua badan tersebut, mengatakan bahwa dampak iklim yang signifikan tidak dapat dihindari. Bagi manusia, kita harus beradaptasi atau mati.

Baca Juga: Tak Hanya Covid-19, Jusuf Kalla Ajak Waspadai Hal Ini: Ahli Sebut Perubahan Iklim Munculkan Bencana

“Kita dapat berhasil mengatasi darurat iklim jika kita melakukan hal yang benar, tetapi kita kehabisan waktu untuk menerapkan langkah-langkah adaptasi yang efektif,” katanya seperti dikutip dari The Associated Press.

Inggris menjadi tuan rumah KTT iklim COP26 di Glasgow bulan depan, dan para pejabat akan menyoroti pentingnya membantu masyarakat untuk beradaptasi dengan perubahan iklim. Namun Howard Boyd mengatakan masalah itu masih sering diabaikan.
 

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19