Kompas TV internasional kompas dunia

Pemeritah Kuwait Izinkan Perempuan Masuk Militer, Punya Peran Tempur serta Pangkat Perwira

Rabu, 13 Oktober 2021 | 03:05 WIB
pemeritah-kuwait-izinkan-perempuan-masuk-militer-punya-peran-tempur-serta-pangkat-perwira
Pemerintah Emirat Kuwait hari Selasa, (12/10/2021) membuka pintu dan memberi ijin bagi perempuan Kuwait untuk masuk militer dalam peran tempur, termasuk sebagai perwira. (Sumber: France24)

KUWAIT CITY, KOMPAS.TV - Pemerintah Emirat Kuwait hari Selasa (12/10/2021) membuka pintu dan memberi ijin bagi perempuan Kuwait untuk masuk militer dalam peran tempur. 

Ini adalah pertama kalinya setelah bertahun-tahun peran perempuan dibatasi hanya untuk peran sipil dalam struktur dan peran kemiliteran Kuwait, kata otoritas militer Kuwait, Selasa, seperti dilansir France24.

Lewat cuitan akun Angkatan Bersenjata Kuwait, Menteri Pertahanan Hamad Jaber al-Ali al-Sabah mengatakan, pintu telah dibuka bagi wanita untuk bergabung dengan berbagai barisan tempur, termasuk sebagai perwira.

"Waktunya telah tiba bagi perempuan Kuwait untuk diberi kesempatan memasuki militer Kuwait berdampingan dengan saudara-saudara mereka," kata menteri itu dalam sambutannya yang disiarkan oleh kantor berita negara KUNA.

Dia menyatakan keyakinannya pada "kemampuan wanita untuk menanggung kesulitan".

Perempuan Kuwait mendapatkan hak untuk memilih pada tahun 2005 dan juga aktif berperan di kabinet pemerintah dan parlemen, meskipun mereka tidak mendapatkan kursi di parlemen saat ini.

Baca Juga: Pemerintah Kuwait Pulangkan 164 WNI dengan Penerbangan Khusus, Tiket Gratis!

Jet F-14 AS terbang di atas sumur minyak Kuwait yang dibakar saat pasukan Irak mundur pada Operasi Badai Gurun, tahun 1991. Pemerintah Emirat Kuwait hari Selasa (12/10/2021) membuka pintu dan memberi ijin bagi perempuan Kuwait untuk masuk militer dalam peran tempur, termasuk sebagai perwira (Sumber: britannica.com)

Tidak seperti negara-negara Teluk lainnya, parlemen Kuwait menikmati kekuasaan legislatif dan anggota parlemen dikenal boleh dan bisa bertentangan pendapat dengan pemerintah maupun bangsawan.

Kuwait adalah sebuah emirat. Emir adalah kepala negara dan Al Sabah adalah keluarga penguasa yang mendominasi sistem politik negara.

Agama resmi negara Kuwait adalah Islam Sunni Maliki. Kuwait adalah negara berkembang dengan ekonomi berpenghasilan tinggi yang didukung oleh cadangan minyak terbesar keenam di dunia.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

Sumber : France24



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:24
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19