Kompas TV olahraga kompas sport

PSSI-nya Bulgaria Kisruh, Dmitiar Berbatov Dijagokan Jadi Ketua Baru

Selasa, 12 Oktober 2021 | 23:22 WIB
pssi-nya-bulgaria-kisruh-dmitiar-berbatov-dijagokan-jadi-ketua-baru
Dimitar Berbatov saat membuka turnamen sepak bola anak-anak di Sofia, Bulgaria pada 2009. Berbatov difavoritkan terpilih menjadi ketua baru BFU yang pemilihannya dijadwalkan berlangsung pada 12 Oktober 2021. (Sumber: Dimitiar Yotov via Wikimedia)

SOFIA, KOMPAS.TV - PSSI-nya Bulgaria (BFU) dijadwalkan menggelar pemilihan ketua baru pada 12 Oktober 2021. Pemilihan akhirnya digelar setelah badan otoritas sepak bola Bulgaria didera kekisruhan satu tahun terakhir.

Eks striker Tottenham Hotspur dan Manchester United, Dimitiar Berbatov difavoritkan terpilih menjadi ketua baru BFU. Berbatov sendiri merupakan pihak yang menekan digelarnya pemilihan, menentang keputusan kontroversial ketua sebelumnya, Borislav Mihaylov.

Kekisruhan dalam tubuh BFU berawal dari insiden saat Timnas Bulgaria menghadapi Inggris pada Oktober 2019 lalu. Waktu itu, di Stadion Vasil Levski, pemain-pemain The Three Lions yang berkulit hitam menjadi sasaran pelecehan rasial oleh suporter tuan rumah.

Insiden ini kemudian berujung mundurnya Mihaylov dari kursi ketua BFU. Ia digantikan Mikhail Kasabov yang berstatus interim. Kasabov menjabat hingga pemilihan digelar untuk menunjuk ketua dan susunan pengurus baru.

Baca Juga: Berbatov Ingatkan Potensi Bahaya Ronaldo bagi Skuad Manchester United

Pada April 2021, Berbatov mendeklarasikan diri sebagai kandidat ketua BFU. Ia didukung Stiliyan Petrov dan Martin Petrov. Keduanya pernah merumput di Liga Inggris bersama Berbatov, masing-masing memperkuat Aston Villa dan Bolton Wanderers.

Akan tetapi, pada bulan yang sama, Mihaylov secara mengejutkan diresmikan kembali sebagai ketua BFU. Alasan dari kebijakan kontroversial ini adalah pengunduran diri Mihaylov tidak melalui persetujuan komite eksekutif BFU.

“Saya sekarang sudah selesai beristirahat dan siap menjalankan tugas hingga akhir masa jabatan,” kata Mihaylov saat diwawancara media setempat pada April lalu.

Mihaylov pun menjanjikan pemilihan ketua baru akan digelar pada Februari 2022. Namun, pihak Berbatov tidak menerimanya.

Berbatov mendesak BFU menggelar pemilihan darurat dan meminta dukunga petisi dari klub-klub Bulgaria. Menurut aturan BFU, pemilihan darurat mesti didukung oleh setidaknya sepertiga dari 508 klub yang diakui otoritas sepakbola Bulgaria.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

Sumber : The Guardian



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:32
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19