Kompas TV internasional kompas dunia

IMF Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Dunia Melambat di tengah Pandemi Covid-19

Selasa, 12 Oktober 2021 | 22:57 WIB
imf-perkirakan-pertumbuhan-ekonomi-dunia-melambat-di-tengah-pandemi-covid-19
Ilustrasi Kantor IMF. Dalam Outlook Ekonomi Dunia terbaru yang dirilis Selasa, 12 Oktober 2021, IMF memperkirakan pertumbuhan global tahun ini sebesar 5,9 persen, turun dibandingkan dengan proyeksi mereka pada bulan Juli sebesar 6 persen. (Sumber: Kompas.tv)

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Dana Moneter Internasional IMF sedikit memangkas prospek pemulihan global dari resesi pandemi. Ini mencerminkan berlanjutnya gangguan rantai pasokan di negara-negara industri dan kesenjangan tingkat vaksinasi Covid-19 yang mematikan antara negara kaya dan miskin, seperti dilansir Associated Press, Selasa (12/10/2021).

Dalam Outlook Ekonomi Dunia terbaru yang dirilis Selasa, IMF memperkirakan pertumbuhan global tahun ini sebesar 5,9 persen. Proyeksi mereka pada bulan Juli sebesar 6 persen.

Untuk Amerika Serikat, ekonomi terbesar di dunia, IMF memperkirakan pertumbuhan 6 persen untuk tahun 2021, di bawah perkiraan Juli sebesar 7 persen.

Revisi yang justru menurun ini mencerminkan perlambatan kegiatan ekonomi akibat peningkatan kasus Covid-19 dan penundaan produksi oleh sebab kurangnya pasokan dan percepatan inflasi.

IMF memperkirakan, untuk negara-negara maju di dunia secara keseluruhan, pertumbuhan akan mencapai 5,2 persen tahun ini, dibandingkan dengan perkiraan keuntungan kecil sebesar 3 persen untuk negara-negara berkembang berpenghasilan rendah.

"Perbedaan yang membahayakan dalam prospek ekonomi di seluruh negara," kata IMF, "tetap menjadi perhatian utama."

IMF berharap, output total negara maju pada tahun 2022 bisa menutup kerugian yang mereka derita selama pandemi, dan melampaui pertumbuhan pra-pandemi mereka pada tahun 2024.

Tetapi di negara-negara berkembang di luar China, IMF memperingatkan, output akan tetap diperkirakan 5,5 persen di bawah pertumbuhan output yang telah diperkirakan IMF sebelum pandemi melanda Maret tahun lalu.

Penurunan peringkat itu menimbulkan ancaman serius bagi standar hidup di negara-negara itu, kata laporan IMF.

IMF mengaitkan perbedaan ekonomi itu dengan disparitas yang cukup besar pada akses vaksin antara negara-negara kaya dan berpenghasilan rendah.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:51
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19