Kompas TV internasional kompas dunia

Gempa 6.3 Skala Richter Guncang Pulau Kreta di Yunani

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 21:05 WIB
gempa-6-3-skala-richter-guncang-pulau-kreta-di-yunani
Institut Geodinamika di Athena mengatakan, gempa bawah laut yang terjadi di Pulau Kreta itu berkekuatan awal 6,3 skala richter pada 12:24 malam waktu setempat, 12 Oktober 2021 di lepas pantai timur pulau itu. (Sumber: Al-Arabiya English)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ATHENS, KOMPAS.TV - Pulau Kreta di Yunani diguncang gempa kuat hari Selasa (12/10/2021), tiga minggu setelah gempa lain menewaskan seorang pria dan merusak ratusan bangunan, seperti dilansir Associated Press. 

Institut Geodinamika di Athena mengatakan, gempa bawah laut yang terjadi di pulau Kreta itu berkekuatan awal 6,3 skala richter pada 12:24 malam waktu setempat di lepas pantai timur pulau itu.

Gempa dilaporkan terasa sampai ke pantai Turki dan Siprus, lebih dari 500 kilometer arah ke timur, kata pihak berwenang.

Gempa berkekuatan 4,1 dan 4,6 yang diyakini sebagai gempa susulan terjadi beberapa menit kemudian, kata institut di Athena tersebut.

Pihak berwenang melaporkan gelombang tinggi di permukaan laut di sekitar pelabuhan Lerapetra di Kreta timur dan menyarankan penduduk untuk menjauh dari pantai.

Tidak ada laporan kerusakan serius atau cedera, tetapi sebuah gereja kecil di dekat episentrum, runtuh sebagian pada saat gempa. Pihak berwenang mengatakan, polisi dan petugas pemadam kebakaran sedang memeriksa desa-desa terpencil di Kreta timur.

"Gempa itu terasa di seluruh pulau, dan itu menimbulkan kekhawatiran karena kami masih merasakan gempa susulan dari gempa sebelumnya," kata wakil gubernur regional Kreta, Yiannis Leondarakis, kepada radio milik pemerintah Yunani.

Baca Juga: Temuan Mengejutkan Arkeologi Sisa Kota Kuno Yunani-Romawi di Dekat Alexandria, Mesir

Institut Geodinamika di Athena mengatakan gempa bawah laut yang terjadi di pulau Kreta Yunani itu berkekuatan awal 6,3 skala richter pada 12:24 malam waktu setempat, 12 Oktober 2021 di lepas pantai timur pulau itu. (Sumber: CNN)

Saksi mata mengatakan, penduduk kota terbesar di pulau itu, Heraklion, menghambur ke luar rumah ketika gempa terjadi, sementara para siswa di banyak sekolah di pulau itu berkumpul di luar ruang kelas mereka.

Ratusan orang dari desa-desa di selatan Heraklion tetap kehilangan tempat tinggal setelah gempa berkekuatan 5,8 yang melanda pada 27 September.

Seorang pria tewas saat melakukan pekerjaan restorasi di sebuah gereja yang rusak di daerah tersebut. Warga yang rumahnya rusak dipindahkan ke hotel dan tenda yang didirikan tentara.

Leondarakis mengatakan tentang gempa hari Selasa, "Untungnya, tampaknya tidak ada kerusakan serius meskipun faktanya itu adalah peristiwa yang kuat dan terjadi pada kedalaman yang dangkal."

Gempa itu juga mengguncang pulau-pulau Yunani terdekat di sebelah timur Kreta, termasuk Karpathos dan Kassos.

Pejabat di Karpathos mengatakan kepada The Associated Press, mereka tidak menerima laporan kerusakan serius.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x