Kompas TV video sinau

Biar Mapan! Anak Muda Harus Tahu Beda Asuransi, Investasi dan Menabung

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 20:35 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Mempersiapkan masa depan, bukan cuma tugas orang dewasa saja. Usia muda, justru paling tepat,untuk mulai merencanakan kemapanan finansial. Tinggal pilih saja mana jalur yang akan dipilih, asuransi, investasi, dan menabung. Supaya lebih paham,  berikut perbedaan dari, asuransi, investasi, dan menabung.

1.Menabung

menabung adalah menyimpan hasil pendapatan. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), definisi tabungan adalah. Simpanan uang di bank, yang penarikannya, hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu. Manfaat menabung adalah, mencegah keinginan untuk berutang, dan bisa dijadikan rencana pensiun. Supaya nyaman memenuhi kebutuhan di masa tua.

2.Asuransi

asuransi merupakan proteksi untuk antisipasi risiko di masa yang akan datang, bukan investasi. Dana yang di setorkan tiap periode atau premi bisa digunakan saat faktor risiko terjadi. Contohnya asuransi kendaraan, ketika kendaraan mengalami kecelakaan parah, maka kita bisa mendapat ganti rugi sesuai kesepakatan. Namun kita tidak pernah tahu, kapan risiko itu akan terjadi. Maka kita harus memastikan saat risiko itu terjadi, keuangan kita sedang tidak terpuruk, baik saat terjadi maupun sesudahnya.

3.Investasi

Investasi adalah upaya menanamkan modal atau dana, dengan harapan, mendapaatkan keuntungan di masa mendatang. Investasi ada dua macam,  investasi jangka pendek, dan investasi jangka panjang. Investasi jangka pendek keuntungan yang diharapkan terwujud dalam waktu satu sampai tiga tahun. Investasi jangka panjang keuntungan yang diharapkan dalam waktu di atas tiga tahun. Investasi juga penuh risiko. Karena keuntungan yang kita dapatkan. Bergantung pada, naik turunnya produk investasi 

Baca Juga: Dengerin Nih Kata OJK, Jangan Asal Tanda Tangan Polis Asuransi

https://www.kompas.tv/article/216523/dengerin-nih-kata-ojk-jangan-asal-tanda-tangan-polis-asuransi

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x