Kompas TV klik360 sinau

Biar Mapan! Anak Muda Harus Tahu Beda Asuransi, Investasi dan Menabung

Selasa, 12 Oktober 2021 | 20:35 WIB

KOMPAS.TV-Mempersiapkan masa depan, bukan cuma tugas orang dewasa saja. Usia muda, justru paling tepat,untuk mulai merencanakan kemapanan finansial. Tinggal pilih saja mana jalur yang akan dipilih, asuransi, investasi, dan menabung. Supaya lebih paham,  berikut perbedaan dari, asuransi, investasi, dan menabung.

1.Menabung

menabung adalah menyimpan hasil pendapatan. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), definisi tabungan adalah. Simpanan uang di bank, yang penarikannya, hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu. Manfaat menabung adalah, mencegah keinginan untuk berutang, dan bisa dijadikan rencana pensiun. Supaya nyaman memenuhi kebutuhan di masa tua.

2.Asuransi

asuransi merupakan proteksi untuk antisipasi risiko di masa yang akan datang, bukan investasi. Dana yang di setorkan tiap periode atau premi bisa digunakan saat faktor risiko terjadi. Contohnya asuransi kendaraan, ketika kendaraan mengalami kecelakaan parah, maka kita bisa mendapat ganti rugi sesuai kesepakatan. Namun kita tidak pernah tahu, kapan risiko itu akan terjadi. Maka kita harus memastikan saat risiko itu terjadi, keuangan kita sedang tidak terpuruk, baik saat terjadi maupun sesudahnya.

3.Investasi

Investasi adalah upaya menanamkan modal atau dana, dengan harapan, mendapaatkan keuntungan di masa mendatang. Investasi ada dua macam,  investasi jangka pendek, dan investasi jangka panjang. Investasi jangka pendek keuntungan yang diharapkan terwujud dalam waktu satu sampai tiga tahun. Investasi jangka panjang keuntungan yang diharapkan dalam waktu di atas tiga tahun. Investasi juga penuh risiko. Karena keuntungan yang kita dapatkan. Bergantung pada, naik turunnya produk investasi 

Baca Juga: Dengerin Nih Kata OJK, Jangan Asal Tanda Tangan Polis Asuransi

https://www.kompas.tv/article/216523/dengerin-nih-kata-ojk-jangan-asal-tanda-tangan-polis-asuransi

Grafis: Agus Eko Apriyanto

Penulis : Sunbhio Pratama

Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Meraup Untung Dari Ternak Landak Mini

Selasa, 12 Oktober 2021 | 20:25 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:38
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19