Kompas TV regional peristiwa

Unik! Bayi di Wonogiri Punya Nama Terdiri dari 5 Huruf Lengkap dengan Simbol Sandi Surat Jawa

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 20:19 WIB
unik-bayi-di-wonogiri-punya-nama-terdiri-dari-5-huruf-lengkap-dengan-simbol-sandi-surat-jawa
Bayi perempuan di Dusun Eromoko, Wonogiri, memiliki nama unik lantaran hanya terdiri dari lima huruf ditambah dengan simbol tanda petik serta titik. (Sumber: Tribun Solo/Erlangga Bima Sakti)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Vyara Lestari

WONOGIRI, KOMPAS.TV - Bayi perempuan di Dusun Eromoko, Wonogiri, memiliki nama unik lantaran hanya terdiri dari lima huruf ditambah dengan simbol tanda petik serta titik.

Bayi bernama 'N'...Clio ini merupakan putri dari pasangan Widodo (42) dan Amin Sulistiyorini (40) yang lahir pada 4 Februari 2021 lalu.

Menurut Widodo, nama tersebut diberikan sendiri dengan besar harap dapat menjadi doa.

"Ya walaupun cuma nama, tapi mudah-mudahan menjadi doa," kata Widodo seperti dilansir dari Tribunsolo.com, Selasa (12/10/2021).

Menurut Widodo, putri keempatnya ini dapat dipanggil dengan sebutan N atau Clio.

Nama Clio, katanya, tidak disiapkan secara khusus jauh sebelum anaknya lahir. Tetapi, nama tersebut baru diberikan setelah sepasaran atau lima hari dari kelahiran.

Baca Juga: Keterlaluan, Ayah Tega Bunuh Bayinya yang Baru Lahir agar Tak Perlu Bayar Tunjangan Anak

Widodo yang juga tercatat sebagai anggota Paguyuban Aji Saka (Kelompok Kebudayaan Jawa) menjelaskan terkait arti nama yang diberikan kepada anaknya.

Arti nama 'N' sendiri, kata dia, mengandung arti pengangkat derajat dan kata keberuntungan dilihat dari kebudayaan jawa.

"Kalau di Aji Saka, sudah paham semua artinya tanda kutip dan tiga titik itu. Orang dulu menyebutnya kata sandi surat jawa," jelas Widodo.

Sementara itu, nama Clio terinspirasi dari Mesir, tepatnya yaitu Ratu Cleopatra.

Awalnya, Widodo berniat memberi nama N saja, namun hal itu diprotes oleh anak ketiganya yang tak lain merupakan kakak dari Clio.

Hingga akhirnya, Widodo memutuskan untuk memberi tambahan nama Clio dan tiga titik itu.

Walaupun begitu, ia dan istrinya berharap anaknya tumbuh menjadi anak sholehah, bisa menjaga nama baik keluarga dan selalu sehat.

Baca Juga: Cintanya Tidak Direstui, Mahasiswi Di Kediri Nekat Bunuh Bayi Yang Baru Dilahirkannya



Sumber : Kompas TV/tribunsolo

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.