Kompas TV nasional peristiwa

Mensesneg KetemuKSAD Jenderal Andika Perkasa, Kode Panglima TNI?

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 19:18 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mensesneg Pratikno menyambangi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa di Markas Besar TNI AD, Senin (11/10/2021) kemarin.

Momen pertemuan Pratikno dan Andika diunggah di kanal YouTube TNI Angkatan Darat. Di awal perbincangannya, Pratikno mengaku sebagai peminat arsitektur.

Dalam pertemuan ini, Mensesneg pRatikno juga sempat mengunjungi dan menjajal fasilitas gym yang tersedia di Markas Besar TNI AD.

Pertemuan ini dilakukan di tengah isu pergantian Panglima TNI. Nama KSAD Jenderal Andika Perkasa adalah salah satu yang digadang-gadang menjadi pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pengamat Militer, Susaningtyas Nefo menyebut pertemuan antara Mensesneg dan KSAD tidak bisa langsung disimpulkan sebagai sinyal positif istana memilih Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Susan menganggap pertemuan itu hal yang biasa dilakukan oleh para pembantu presiden.

Namun, apabila Presiden Jokowi nanti pada akhirnya memilih KSAD, Susan meyakini Jenderal Andika Perkasa memiliki kemampuan dan pengalaman yang mumpuni untuk menempati pucuk pimpinan tertinggi di TNI.

Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono, menilai kunjungan Mensesneg Pratikno ke Markas Besar TNI Angkatan Darat tidak bisa dijadikan acuan mengenai sinyal nama panglima terbaru.

Keputusan perihal nama panglima pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto adalah sepenuhnya hak prerogatif presiden dan harus sabar menunggu karena masih ada cukup waktu sampai masa habis dinas panglima saat ini untuk menentukan siapa penggantinya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x