Kompas TV regional berita daerah

Sensasi Kesegaran Es Cendol Ikan Nila

Selasa, 12 Oktober 2021 | 18:48 WIB

BANDUNG. KOMPAS. TV - Saudara siapa yang tak kenal cendol minuman berbahan dasar tepung dan gula merah ini paling pas dicampur es namun ada yang berbeda di cianjur es cendol  berbahan dasar ikan nila hemmm.. Seperti apa ya citarasanya? pensaran? Simak liputan selengkapnya.

Seperti inilah proses pembuatan es cendol ikan nila meski berbahan dasar ikan sajian es cendol unik ini dijamin manis seger dan tidak terasa amis.

Butuh setidaknya empat bulan bagi indra wahyu buldansyah pria  asal kampung cinengah girang desa sukanagalih kecamatan cipanas kabupaten cianjur ini untuk menemukan komposisi yang pas.

Berawal dari aktivitas sehari-harinya berjualan ikan segar indra manfaatkan melimpahnya stok ikan untuk dijadikan suatu sajian yang berbeda.

Cara ini dilakukan  agar masyarakat yang tidak suka ikan tetap bisa merasakan makan ikan dengan sajian yang berbeda.

Pembuatan es cendol ikan nila ini sama seperti es cendol pada umumnya yakni menggunakan tepung beras tepung sagu garam daun pandan gula merah serta yang lainnya.

Namun khusus cendol ikan proses pengolahan ikan dimulai dari pengukusan filet daging ikan dihaluskan  kemudian disangrai hingga kering.

Setelah kering daging ikan nila kemudian diauduk menjadi satu dengan bahan-bahan lainnya proses pengolahan selanjutnya sama dengan pembuatan cendol pada umumnya.

Satu porsi  es cendol ikan dibanderol sepuluh ribu rupiah dan untuk sementara melayani pemesanan dari rumah.

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 

Penulis : KompasTV Bandung

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:04
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19