Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Brasil Dilarang Masuk Stadion karena Belum Vaksin, Didenda karena Tak Pakai Masker

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 18:55 WIB
presiden-brasil-dilarang-masuk-stadion-karena-belum-vaksin-didenda-karena-tak-pakai-masker
Presiden Jair Bolsonaro saat berbicara di istana kepresidenan di Brasilia, Brasil, 15 September 2021. (Sumber: Eraldo Peres/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

SAO PAULO, KOMPAS.TV - Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengaku tidak diizinkan masuk stadion untuk menonton pertandingan sepak bola pada Minggu (10/10/2021) malam waktu setempat atau Senin (11/10/2021) pagi waktu Indonesia.

Pertandingan yang dimaksud adalah laga Serie A Brasil antara Santos vs Gremio di Estadio Urbano Caldeira.

Klub Santos diketahui mewajibkan penonton untuk membawa bukti vaksinasi atau hasil tes PCR negatif untuk masuk ke stadion.

Baca Juga: Presiden Brasil Jair Bolsonaro Diajukan ke Pengadilan Kriminal Internasional, Dituduh Babat Hutan

Bolsonaro pun mempertanyakan kebijakan yang umum ditempuh klub-klub sepak bola tersebut. Ia mengklaim “punya antibodi lebih baik” meskipun tidak divaksin.

“Kenapa saya harus memiliki kartu (vaksin), sebuah paspor vaksin?” kata Bolsonaro kepada Metropoles sebagaiman dikutip Inside the Game.

“Saya hanya ingin menonton pertandingan Santos, dan saya diharuskan sudah divaksinasi, kenapa? Saya memiliki antibodi lebih baik dibanding siapa pun yang telah disuntik vaksin,” lanjut presiden berusia 66 tahun itu.

Saat itu, Bolsonaro diketahui sedang berkunjung ke Sao Paulo, negara bagian tempat Santos berada.

Pertandingan Santos vs Gremio pada Minggu (10/10) adalah kali pertama suporter Santos bisa datang ke stadion sejak awal pandemi Covid-19. Pertandingan itu berkesudahan 1-0 untuk kemenangan tuan rumah.

Selain dilarang masuk stadion, Bolsonaro juga didenda karena tak pakai masker. Kejadian ini berlangsung pada akhir pekan lalu ketika sang presiden mengunjungi Peruibe, barat daya Sao Paulo.

Bolsonaro disebut terkena denda 500 real Brasil atau sekitar Rp1,3 juta. Ia melanggar peraturan lokal yang mewajibkan masker.

Presiden Bolsonaro sendiri dikenal sebagai salah salah satu pemimpin yang meremehkan kegentingan pandemi. Ia juga dikenal meragukan vaksin.

Baca Juga: Dianggap Menyesatkan, YouTube Hapus Postingan Video Presiden Brasil Jair Bolsonaro Terkait Covid-19

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x