Kompas TV regional berita daerah

Nenek 82 Tahun Mendirikan UMKM Khusus Lansia

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 18:22 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Usia senja tidak menyurutkan seorang nenek di cianjur jawa barat untuk mengembangkan usaha camilan tradisional uniknya lagi nenek komariah merangkul para lansia untuk membantu usahanya agar tetap produktif.

Usia boleh senja namun tenaga yang tersisa masih kokoh menopang aktifitas  sehari-hari begitulah sosok nenek komariah diusianya yang ke 82 tahun masih tetap produktif.

Seakan tak mau jadi beban anak dan cucu nenek komariah asal desa cikondang kecamatan cibeber kabupaten cianjur sukses merintis usaha camilan tradisional berbahan dasar singkong.

Setiap harinya ada sekitar delapan orang lansia yang bekerja di tempat ini rata-rata mereka berusia tujuh puluh sampai delapan puluh tahun dalam sepekan mereka mampu memproduksi sebanyak dua kwintal singkong untuk dijadikan keripik enye .

Usaha keripik enyeini menjadi lapangan pekerjaan khusus bagi para lansia. Komariah bercita-cita ingin memperluas usahanya agar semakin banyak para lansia yang bisa produktif.

Keripik enye merupakan camilan tradisional berbahan dasar singkong usaha ini sekaligus menjadi upaya nenek komariah dalam mempertahankan eksistensi makanan tradisional.

Penjualan keripik enye sudah merambah ke luar daerah seperti jakarta bekasi dan sejuk kota besar lainnya dengan harga 10 ribu rupiah per bungkus.

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x