Kompas TV nasional berita utama

Pintu Masuk Wisatawan Asing Dibuka, Kapolri Minta Jajaran Kepolisian Antisipasi Varian Baru Covid-19

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 19:09 WIB
pintu-masuk-wisatawan-asing-dibuka-kapolri-minta-jajaran-kepolisian-antisipasi-varian-baru-covid-19
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh Kapolda untuk mengantisipasi varian baru Covid-19. (Sumber: Dok. Divisi Humas Polri)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh Kapolda untuk mengantisipasi varian baru COVID-19.

Satu di antaranya dengan cara melakukan pengawasan dan pencegahan di pintu-pintu masuk Tanah Air.

Seperti diketahui, pemerintah akan membuka kembali pintu masuk bagi wisatawan asing maupun WNI dari luar negeri.

"Perlu adanya antisipasi dini untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 seperti Mu dan Lamda dari luar negeri yang disebabkan dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN)," ujar Sigit seperti dikutip dari Antara, Selasa (12/10/2021).

"Tolong dicek lagi sistem pengamanan seperti apa, apalagi kalau sudah dibuka SOP-nya betul-betul dilaksanakan. Jangan kemudian abai, lengah, sehingga apa yang dilakukan selama ini sia-sia," tambahnya.

Baca Juga: Kapolri Perintahkan Jajarannya Tindak Tegas Pinjol Ilegal

Sigit mengingatkan kepada jajarannya bahwa pelonggaran secara bertahap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah tentu memiliki konsekuensi.

Oleh karenanya, Sigit menekanan kepada seluruh jajarannya tetap waspada dan selalu melakukan pengawasan ketat di wilayah masing-masing.

"Jadi ini adalah konsekuensi kelonggaran diberikan bertahap, namun bisa kami ukur sehingga semua bisa terkendali," ucap Kapolri.

Dalam keterangannya, Sigit mengatakan penanganan tepat bisa dimulai dari persiapan kegiatan internasional di Nusa Tenggara Barat (NTB), World Super Bike Championships (WSBK).

Dia berharap penanganan dan pengendalian Covid-19 dilakukan secara maksimal agar ajang balapan dunia tersebut memberikan efek positif untuk pertumbuhan perekonomian.

"NTB dan beberapa 'event' lanjutan di Bali dipersiapkan dengan baik. Kalau ini bisa dikelola dengan baik tentunya Indonesia di mata internasional semakin baik dan tentunya hal lain seperti pertumbuhan ekonomi," tutur Sigit.

Baca Juga: Tagar #PercumaLaporPolisi Viral, IPW Sarankan Kapolri Evaluasi Kinerja Reserse

Tidak hanya memberikan instruksi, Sigit juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang bekerja keras mencegah penularan Covid-19.

Sigit berharap jajarannya terus bekerja keras menangani pandemi Covid-19 bersama TNI, Pemda dan seluruh elemen masyarakat.

"Apa yang terjadi merupakan hasil kerja keras seluruh anggota. Sekarang tumpuan ada TNI- Polri. Tapi saya yakin seluruh rekan akan melaksanakan dengan baik," katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.