Kompas TV olahraga kompas sport

Sepak Bola Putra PON Papua: Tuan Rumah dan Aceh Berjumpa di Babak Final

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 18:22 WIB
sepak-bola-putra-pon-papua-tuan-rumah-dan-aceh-berjumpa-di-babak-final
Kapten tim sepak bola Papua di PON XX 2021, Ricky Ricardo Cawor (depan). (Sumber: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Tim sepak bola putra Papua dan Aceh dipastikan akan berjumpa di babak final sepak bola putra PON XX Papua 2021 pada Kamis (14/10/2021) mendatang. 

Tim sepak bola putra Aceh lebih dulu memastikan ke partai puncak setelah mengalahkan Jawa Timur (Jatim) pada Selasa (12/10/2021) sore WIB. 

Aceh berhasil menang 2-1 atas Jawa Timur berkat gol-gol Akhirul Wadhan dan Muzakkir. Sementara Jatim hanya mampu membalas lewat aksi Dwiki Mardiyanto. 

Baca Juga: Mekanisme Kepulangan Atlet PON XX Papua Dinilai Harus Diperbaiki

Sebenarnya, Jatim memiliki kesempatan emas untuk menyeimbangkan skor pada menit ke-82. Tetapi Faisol Yunus gagal melaksanakan eksekusi penalti. Tendangan Faisol melambung tinggi di atas mistar. 

Berselang beberapa jam, tuan rumah Papua memastikan diri menyusul Aceh ke babak final. 

Bertanding di Stadion Mandala, Jayapura di hari yang sama, Papua sukses menang telak 5-1 atas Kalimantan Timur (Kaltim). 

Kapten Ricky Ricardo Cawor menjadi inspirator kemenangan Papua lewat sumbangan dua golnya. Sementara itu, tiga gol lain dicetak I Nyoman Nikson Ansanay, M. Arody Uopdana, dan Samuel Gideon Balinse. 

Satu-satunya gol Kaltim dicetak lewat bunuh diri bek Papua, Ari Wakum. 

Tim sepak bola putra Papua berpotensi mengawinkan medali emas cabang olahraga (cabor) sepak bola. Pasalnya, tim sepak bola putri Papua sudah lebih dulu mendapatkan medali emas. 

Baca Juga: Update: 82 Atlet, Ofisial dan Panitia PON XX Positif Covid-19

Selain itu, ini merupakan penebusan Papua setelah gagal pada edisi PON 2016. Saat itu, Papua gagal ke final karena kalah dari tuan rumah Jawa Barat dan harus puas dengan medali perunggu. 

Duel antara Aceh kontra Papua sendiri akan menjadi ulangan final PON 1993 di Jakarta. Saat itu, Papua berhasil mengalahkan Aceh dan meraih medali emas.

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.