Kompas TV regional berita daerah

Warga Hanya Gunakan Jalan Titian Kayu, Parigi Kecil, Bagian Banjarmasin yang Perlu Perhatian

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 17:48 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Tak banyak yang tahu keberadaan Jl. Parigi Kecil, Kelurahan Mantuil, Banjarmasin Selatan.

Berada dekat perbatasan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar, kondisi pembangunan di Parigi Kecil berbanding terbalik dengan kawasan perkotaan yang lebih layak.

Jalan masuk ke Parigi kecil adalah jalan setapak berupa titian kayu.

Baca Juga: Desa Terpencil di Tengah Pegunungan Meratus Kalimantan

Melintasi sungai, jalan titian dari kayu yang menjadi akses satu-satunya warga di RT.13 itu keluar masuk dari rumahnya.

Bukan hanya untuk pejalan kaki, pun warga terpaksa menggunakan titian yang tampak rusak ditambal sulam bahkan mulai miring dan bergoyang untuk melintas dengan roda dua.

Bukan tanpa upaya, warga mengaku telah meminta agar Pemerintah Kota Banjarmasin dapat memberikan jalan yang lebih layak atau sekedar memperbaiki titian agar lebih aman dan nyaman.

Namun hingga kini belum juga mendapat tindakan.

Padahal menurut warga kurang lebih total jalan sepanjang 500 meter ini menjadi akses utama warga sekitar yang mayoritas adalah petani.

"Lama sudah seperti ini, kadang rusak warga memperbaiki sendiri, kami khawatir juga kalau jatuh, jadi tolong pemerintah Banjarmasin memperhatikan warganya di Parigi Kecil ini," ungkap Warga bernama Aini.

Dinas Permukiman Banjarmasin menyarankan warga untuk mengajukan permohonan perbaikan langsung ke dinas agar dapat segera ditindaklanjuti.

"Kadang di kelurahan tidak diteruskan ke kami, kalau ke kami nanti kita lihat kalau masuk mungkin di tahun akan datang," terang Kabid Permukiman Disperkim Kota Banjarmasin, Agus Heru Jayadi. 

Baca Juga: Video Viral Lolos Penjagaan Pakai Kode 'Aku Ading Basit' Masuk Jembatan Alalak Banjarmasin

Kondisi jalan Parigi Kecil diakui semakin buruk jika terjadi pasang sungai atau hujan tinggi yang akan merendam jalan hingga sekitar 20 sentimeter.

Meski berada di pelosok kota, warga Parigi Kecil masih memiliki hak yang sama untuk memperoleh pembangunan yang baik seperti di pusat kota.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x