Kompas TV nasional update corona

Pemerintah Bersiap Terima Wisatawan Mancanegara

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 16:46 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Pemerintah memutuskan wisatawan dari 18 negara bisa berkunjung ke Indonesia. Penerapan protokol kesehatan ketat kini mulai disiapkan baik di bandara maupun di tempat wisata untuk menghindari penularan covid-19.

Sejumlah destinasi wisata kini sudah dibuka untuk kembali bisa dinikmati oleh masyarakat. Keputusan ini diambil pemerintah karena melandainya kasus covid-19.

Izin pembukaan wisata ini pun hanya diperuntukkan bagi wilayah PPKM level 1 dan 2 yang telah memenuhi standar protokol kesehatan. Cakupan vaksinasi sudah memenuhi target dan angka positif covid mulai terkedali.

Di Bali, rencana pembukaan bandara internsional 14 Oktober 2021 mulai disambut pengelola wisata. Pemerintah bahkan bersiap menerima wisatawan dari 18 negara.

Baca Juga: Bali Siap Terima Wisatawan Mancanegara, Wajib Protokol Kesehatan Ketat

Selama pandemi covid-19, sektor pariwisata memang sangat terpukul karena adanya penutupan. Tak hanya bagi pengelola, pelaku UMKM dan warga sekitar destinasi wisata pun terdampak.

Untuk mendongkrak perekonomian, izin pembukaan tempat wisata ini langsung dimanfaatkan sejumlah pengelola wisata.

Di Kecamatan Parung Kabupaten Bogor, pemerintah desa bahkan membangun destinasi wisata baru, yakni situ lebak wangi yang menawarkan wisata air dan wahana permainan serta keindahan panorama alam.

Kesadaran para pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan ketat tentunya sangat diharapkan agar kasus covid-19 tak kembali melonjak. 

Diharapkan, dibukanya destinasi wisata bisa menjadi penggerak roda ekonomi bagi masyarakat sekitar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.