Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Brasil Jair Bolsonaro Diajukan ke Pengadilan Kriminal Internasional, Dituduh Babat Hutan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:24 WIB
presiden-brasil-jair-bolsonaro-diajukan-ke-pengadilan-kriminal-internasional-dituduh-babat-hutan
Presiden Brasil Jair Bolsonaro diajukan ke pengadilan kriminal internasional di Den Haag atas tuduhan pembabatan hutan di Brasil. Deforestasi yang merajalela secara tidak langsung akan menyebabkan lebih dari 180.000 kematian akibat panas berlebih secara global abad ini, menurut gugatan itu. (Sumber: Florian Plaucheur/France24 via AFP)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

PARIS, KOMPAS.TV - Presiden Brasil Jair Bolsonaro hari Selasa, (12/10/2021) diajukan ke pengadilan kriminal internasional ICC di Den Haag atas tuduhan melakukan "kejahatan terhadap kemanusiaan" karena peran dirinya dalam penghancuran hutan hujan Amazon.

Pengaduan ini adalah kasus pertama yang secara eksplisit menghubungkan deforestasi atau pembabatan hutan dengan hilangnya nyawa manusia sebagai akibatnya, seperti dilansir France24 mengutip AFP, Selasa (12/10/2021)

Emisi gas rumah kaca yang meningkatkan suhu bumi akibat dari pembabatan hutan, pembakaran dan pertanian skala industri di Amazon lebih tinggi daripada total emisi tahunan Italia atau Spanyol.

Deforestasi di wilayah Amazon Brasil melepaskan lebih banyak CO2 daripada yang dapat diserap oleh Amazon.

Juru kampanye keadilan lingkungan Austria Allrise mengajukan keluhan resmi di pengadilan yang berbasis di Den Haag Selasa pagi.

Mereka meminta proses hukum terhadap Bolsonaro dan pemerintahannya untuk tindakan "yang berhubungan langsung dengan dampak negatif perubahan iklim di seluruh dunia".

Gugatan tersebut menuduh presiden Brasil itu melancarkan kampanye luas yang mengakibatkan pembunuhan para pembela lingkungan dan membahayakan populasi global melalui emisi yang disebabkan oleh deforestasi, hasil kebijakannya sebagai presiden Brasil.

Pengaduan itu memanfaatkan ilmu atribusi iklim yang berkembang, yang memungkinkan para peneliti untuk membuktikan hubungan antara peristiwa cuaca ekstrem di satu sisi, dan pemanasan global dan degradasi lingkungan, di sisi lain.

Baca Juga: Kepala Suku Pribumi Brasil Ini Kirim Surat ke Macron Minta Tolong Selamatkan Hutan Amazon

Presiden Brasil Jair Bolsonaro diajukan ke pengadilan kriminal internasional di Den Haag atas tuduhan pembabatan hutan di Brasil. Foto tahun 2013 ini menunjukkan traktor sedang bekerja di pertanian gandum, di tanah yang dulunya merupakan hutan hujan Amazon perawan di Brasil. (Sumber: Straits Times )

Tim di belakang pihak yang mengadukan Bolsonaro mengatakan pemerintahan Bolsonaro berusaha untuk "secara sistematis menghapus, mensterilkan, dan mengeluarkan isi perut undang-undang, lembaga, dan individu yang berfungsi untuk melindungi Amazon".

Sumber : Kompas TV/France24 via AFP


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19