Kompas TV regional sosial

UGM Siap Gelar Kuliah Tatap Muka pada Oktober 2021, Ini Detailnya

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 14:43 WIB
ugm-siap-gelar-kuliah-tatap-muka-pada-oktober-2021-ini-detailnya
Ilustrasi: Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Universitas Gadjah Mada (UGM) siap menggelar kuliah tatap muka pada Oktober 2021. Rencananya, kuliah tatap muka atau Pertemuan Tatap Muka (PTM) terkendali UGM digelar seusai pelaksanaan ujian tengah semester.

“Kuliah tatap muka terbatas terkendali ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujar Ketua Satgas Covid-19 UGM, Rustamadji, dalam siaran persnya, Senin (11/10/2021).

Kapasitas ruang kuliah dalam kuliah tatap muka terbatas ini hanya akan terisi 25 sampai 50 persen saja. Kegiatan belajar mengajar secara terkendali akan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat dengan mengacu pada aturan pemerintah lewat instruksi Mendagri tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca Juga: Mahasiswa UGM Bikin Program Pemantauan Gigi Siswa via Aplikasi LINE

“Kami mengacu pada aturan Mendagri terbaru, apalagi status PPKM di DIY sudah ke level tiga menuju proses level satu,” ucapnya.

Selain kegiatan perkuliahan, UGM juga akan  menyiapkan tempat makan khusus, lokasi istirahat, dan menyiapkan lokasi kegiatan ekstrakurikuler dengan model pembatasan dan protokol kesehatan ketat. Sebab, jika tidak disiapkan tempat kegiatan ekstrakurikuler dan hanya kuliah saja maka mahasiswa cenderung akan bergerombol.

Sementara ini mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti kuliah tatah muka di UGM adalah mahasiswa yang berdomisili di DIY dan Jawa Tengah. Meskipun demikian, jika ada mahasiswa yang berasal dari luar kota yang sudah lama indekos selama pandemi maka bisa diizinkan untuk ikut.

“Rencananya mahasiswa dari DIY dan Jawa Tengah dulu dan sudah pernah vaksin. Jika ada yang belum vaksin maka kami akan siapkan vaksinasinya dan mereka juga harus dapat izin orang tua,” tutur Rustamadji.

UGM juga memperhatikan kondisi kesehatan dari para staf pengajarnya. Bagi staf pengajar yang diketahui memiliki komorbid tidak diwajibkan mengajar secara tatap muka dan bisa mengajar secara daring.

Baca Juga: Alasan Airlangga Hartarto Bagi-Bagi Bus Listrik dan Microbus ke UGM

Selama kuliah tatap muka terkendali, tim satgas Covid-19 UGM akan melakukan screeningg secara berkala untuk memeriksa tingkat kesehatan mahasiswa menggunakan GeNose.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x