Kompas TV entertainment selebriti

Marahi Kakek Penjual Juz Amma, Baim Wong Terancam Diadukan ke Komnas HAM

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 11:31 WIB
marahi-kakek-penjual-juz-amma-baim-wong-terancam-diadukan-ke-komnas-ham
Baim Wong dituntut permintaan maaf oleh Perkumpulan Anti Diskriminasi Indonesia (Sumber: Instagram/@baimwong)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Perkumpulan Anti Diskriminasi Indonesia (PADI) Edi Prastio berencana melaporkan Baim Wong ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Hal itu berkaitan dengan aksi Baim Wong yang viral karena memarahi seorang kakek penjual juz amma yang meminta bantuan uang.

Perbuatan Baim Wong itu juga menuai sejumlah kritik dari netizen hingga menjadi trending topic di Twitter hingga hari ini.

Edi Prastio menyayangkan sikap Baim Wong terhadap kakek tersebut, padahal suami Paula Verhoeven ini dikenal sebagai orang yang dermawan.

"Sungguh menyedihkan yang dilakukan Baim Wong terhadap bapak tua bersepeda motor, mengharapkan bantuan untuk modal usaha," ujar Edi kepada Grid.id, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Terungkap Kakek di Video Baim Wong Butuh Biaya Pengobatan, Uncle Teebob Langsung Buka Donasi

"Bukan mendapat respon baik justru mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan oleh artis atau Youtuber yang dikenal dermawan ini," kata Edi.

Edi juga menyoroti komentar netizen yang menyebut Baim Wong hanya berbuat baik demi sebuah konten.

"Sehingga ramai menjadi perbincangan nitizen 'Kebaikan dan ke Dermawanan Baim hanya terkesan untuk Buat Konten'," ujar Edi lagi.

Menaruh belas kasih kepada kakek penjual juz amma itu, Edi lantas menuntut permintaan maaf Baim Wong sesegera mungkin.

Lebih lanjut, jika Baim Wong tidak meminta maaf, maka Perkumpulan Anti Diskriminasi Indonesia (PADI) akan melaporkannya ke Komnas HAM.

"Apabila tidak bersedia, Kami dari Perkumpulan Anti Diskriminasi Indonesia [PADI] akan Mengadukan Baim Wong Ke Komnas HAM dengan dugaan melanggar UU.No.39 tahun 1999 Jo UU.No.40 tahun 2008 Tentang Penghapusan Diskriminasi Etnis dan RAS," ujarnya.

Di sisi lain, Baim Wong melalui Instagramnya sudah mengklarifikasi kejadian tersebut. Ayah Kiano Tiger Wong itu menceritakan kronologi lengkapnya.

Baca Juga: Ini Kronologi Lengkap Versi Baim Wong Soal Tuduhan Marahi Kakek Peminta

Menurut Baim Wong, kakek penjual juz amma itu meminta uang kepadanya dengan cara yang tidak sopan.

"Saat saya keluar dari rumah sakit, tiba-tiba ada orang mendekati saya pake motor. Kita lagi jalan dan dia mepet banget. Dan dia tiba-tiba minta uang sama saya. Kalau bosqu ada di posisi saya waktu itu pasti persepsinya bakal beda banget sih," kata Baim.

Baim juga menyayangkan cara kakek tersebut meminta uang yang dianggap membahayakan keselamatan dirinya dan Kiano saat itu.

"Dia teriak 'Baim minta uang, baim' waduh, saya paling kesel sama orang seperti itu," ucap Baim Wong.



Sumber : Kompas TV/Grid.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x