Kompas TV nasional politik

Mensesneg Pratikno Temui KSAD Jenderal Andika Perkasa, Sinyal Calon Panglima TNI?

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 11:11 WIB
mensesneg-pratikno-temui-ksad-jenderal-andika-perkasa-sinyal-calon-panglima-tni
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa saat konferensi pers di Mabes TNI AD, Minggu (30/8/2020). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa di Markas Besar TNI Angkatan Darat Jakarta.

Kunjungan Pratikno ke Mabes TNI AD sempat direkam dan diunggah pada tayangan Youtube TNI AD, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Anggota TNI Serda Imanuel Minta Pindah Tugas usai Jadi Korban KKB, Ini Jawaban KSAD Jenderal Andika

Dalam kunjungan tersebut, Pratikno dan Jenderal Andika terlihat berbincang-bincang santai sembari berkeliling Mabes TNI AD.

Selain itu, Pratikno sempat mencoba gerakan pull-up di pusat kebugaran TNI AD dengan didampingi Jenderal Andika.

Pertemuan antara Pratikno dan Jenderal Andika Perkasa tentunya menuai sorotan dan membuat banyak pihak berspekulasi karena digelar di tengah isu pergantian Panglima TNI.

Baca Juga: Momen KSAD Andika Perkasa Curi Perhatian Presiden Jokowi saat Tinjau Alutsista TNI

Staf khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini mengatakan pertemuan antara Pratikno dan Jenderal Andika hanya sekadar melihat ikan arwana dan taman-taman yang ada di Mabes AD.

"Jadi Kedatangan Pak Mensesneg ke Mabes AD untuk melihat ikan arwana di taman baru Mabes Angkatan Darat, sama juga melihat suasana-suasana yang di kantor," kata Faldo Maldini dikutip dari Tribunnews.com, Senin (11/10/2021).

Selain itu, Faldo mengatakan pertemuan tersebut juga dimanfaatkan Pratikno untuk berolahraga bersama Jenderal Andika. Terlebih, saat ini masih masa pandemi.  Menjaga kesehatan dengan berolahraga sangat penting. 

Baca Juga: Guyon Presiden Jokowi Tawari Iriana Naik Kendaraan TNI Disopiri KSAD Andhika Perkasa

"Dua pemimpin kita ini bisa kita jadikan teladan untuk selalu menjaga kesehatan, menjaga kebugaran untuk menghadapi pandemi ini," ucap Faldo.

Setelah melihat ikan arwana dan berolahraga, Faldo menambahkan bahwa pertemuan antara keduanya membahas masalah kebangsaan serta pemulihan pandemi yang terjadi di Tanah Air.

"Ya tentunya ada pembicaraan lainnya, tentunya pembicaraan kenegaraan terutama terkait pemulihan pandemi di Indonesia," ujar Faldo.

Baca Juga: KSAD Andika Perkasa Turun Tangan, 6 Prajurit TNI AD Ditahan Diduga Aniaya Prada Candra hingga Tewas

Sementara itu, pengamat militer  dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi, mengatakan pertemuan antara KSAD Jenderal Andika Perkasa dan Pratikno tidak bisa disimpulkan sebagai sinyal positif dari Istana terkait pergantian Panglima TNI.

Menurutnya, pertemuan kedua tokoh itu tak perlu ditafsirkan berlebihan. Dalam proses politik, kata Khairul, apa yang tampak di layar mungkin saja berbeda dengan yang sesungguhnya berlangsung di balik layar.

"Pertemuan itu kan kita ketahui dari unggahan akun TNI AD, jadi tidak bisa kita simpulkan bahwa itu merupakan sinyal positif istana,” ujar Khairul dikutip dari Tribunnews.com.

Baca Juga: Anggota Komisi I: Skenarionya Andika Perkasa Jadi Panglima TNI dan Letjen Dudung sebagai KSAD



Sumber : Kompas TV/Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x