Kompas TV regional berita daerah

Warga Kebonharjo Tolak Pembangunan Tower

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 11:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Warga Kebonharjo, Kelurahan Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, menggelar aksi menolak pembangunan tower yang berdiri di lahan permukiman warga. Selain itu, warga juga mengaku pihak pengelola tower tidak melibatkan warga dalam kesepakatan pendirian tower yang sudah dilakukan oleh PT Protelindo.

Dengan membawa spanduk bertuliskan penolakan pendirian tower, warga berorasi agar pihak pengembang menghentikan pembangunan tower yang dinilai menyalahi aturan. Guntur, salah satu warga, mengaku pihaknya belum pernah melihat surat izin yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Semarang yang dimiliki pihak pengembang dalam pendirian tower.

"Tuntutan warga itu menolak dengan keras, terus tower untuk segera dipindahkan. Karena dampaknya yang luar biasa, robohnya, juga keselamatan kita, kesehatan untuk generasi kita nanti biar nggak bodoh-bodoh. Belum ada sama sekali sampai sekarang, sampe itu sudah berdiri," tutur Guntur.

Belum adanya itikad baik dari pihak pengembang untuk menghentikan pembangunan tower, warga memilih mendatangi kantor Satpol PP Kota Semarang untuk menindaklanjuti adanya dugaan pelanggaran Perda yang dilakukan oleh pihak pengembang dalam pendirian tower.

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengaku, pihaknya akan melakukan upaya pemanggilan kepada instansi terkait serta pihak pengembang dan warga, untuk dilakukan kesepakatan. Jika ditemukan adanya pelanggaran, Satpol PP Kota Semarang akan melakukan langkah sanksi tegas.

"Apabila memang didapati belum berizin, ya langsung kami segel itu. Kami pengen saling menghargai lah ya, karena yang terdampak itu kan warga sekitar, apalagi kalau sampai camat, lurah nggak tau kan aneh. Kalau camat, lurah nggak tau, kita langsung lakukan penyegelan. Tolong siapapun yang mau berinvestasi di Semarang silahkan, tapi aturan dipergunakan," kata Fajar Purwoto.

Menindaklanjuti keluhan warga Kebonharjo RT11, RW 07 Kelurahan Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara, petugas Satpol PP akan melakukan pertemuan dengan seluruh warga serta instansi terkait.

#kotasemarang #tower #satpolpp



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x