Kompas TV kolom olahraga

Pangeran Mohammed bin Salman: Sang Juru Selamat Newcastle United

Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:04 WIB
pangeran-mohammed-bin-salman-sang-juru-selamat-newcastle-united

Newcastle United resmi menjadi milik putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman  (Sumber: Newcastle United)

Oleh: Anton Alifandi, WNI Tinggal di London

Dibanding mahakarya Leonardo da Vinci, harga Newcastle United ternyata murah.

Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) pada tahun 2017 membeli lukisan da Vinci berjudul Salvator Mundi, yang menggambarkan Yesus sebagai juru selamat dunia, dengan harga $450 juta(Rp 6.4 triliun).

Setelah melalui proses empat tahun, MBS cuma merogoh $415 juta untuk membeli Newcastle United 7 Oktober lalu.

Meski barangkali biaya itu cuma uang receh bagi penguasa de facto Arab Saudi ini, bagi the Toon Army, julukan untuk pendukung Newcastle United, pembelian itu tak ternilai harganya.

Kerumunan spontan ribuan orang diluar Stadion St James’ Park membuktikan mayoritas pendukung Newcastle melihat kehadiran MBS sebagai titik terang dari kegelapan 14 tahun kepemilikan miliarder Inggris Mike Ashley.

Di luar kota itu, terutama di kalangan non-sepakbola, kepemilikan MBS atas Newcasle lewat lembaga keuangan Saudi bernama Public Investment Fund(PIF), membuat dahi berkerut.

Di Inggris, nama MBS sinonim dengan pembunuhan keji wartawan Saudi Jamal Khashoggi di Istanbul Turki  pada tahun 2018. Pada tahun 2021, Pemerintah Amerika Serikat menyimpulkan bahwa MBS adalah dalang pembunuhan itu, kesimpulan yang dibantah MBS.

Oleh sebab itu berbagai kelompok hak asasi manusia tak suka dengan keputusan Premier League untuk akhirnya membolehkan konsortium yang dipimpin PIF membeli Newcastle.

Penulis : Zaki Amrullah | Editor :

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:04
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19