Kompas TV nasional politik

Tren Elektabilitas Ganjar Pranowo Naik, SMRC Ungkap Penyebabnya

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 10:07 WIB
tren-elektabilitas-ganjar-pranowo-naik-smrc-ungkap-penyebabnya
Lembaga SMRC ungkap faktor yang membuat elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus meningkat (Sumber: Kompas TV/Ant/HO-Humas Pemprov Jateng)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengungkapkan hasil survei teranyar terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memperlihatkan tren positif bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Seperti diketahui, dalam survei SMRC, Ganjar menempati posisi di bawah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang masih berada di posisi teratas dengan 18,1 persen. Survei dilakukan dengan simulasi pilihan semi terbuka.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menyebut meski Ganjar berada di urutan kedua, namun tingkat elektabilitasnya mengalami kenaikan cukup tajam dari Maret 2020 ke September 2021.

"Elektabilitas Ganjar mengalami kenaikan cukup tinggi dari Maret 2020 ke September 2021, dari 6,9 persen menjadi 15,8 persen," kata Deni dalam acara Sapa Indonesia Pagi di KOMPAS.TV, Selasa (12/10/2021). 

Deni kemudian berujar kenaikan tersebut dikarenakan tingkat kesukaan masyarakat terhadap Ganjar dinilai terus meningkat. 

Mengingat, kata dia, untuk mendapatkan dukungan di 2024, seorang yang dikenal harus disukai.

"Ini [kenaikan elektabilitas Ganjar] ditopang oleh kenaikan awareness publik terhadap Ganjar dari sebelumnya 54 persen menjadi 67 persen," jelasnya. 

"Dan kelihatannya dari tokoh-tokoh yang ada sementara hanya Ganjar yang mengalami kenaikan pesat pada popularitas dan karena itu pun elektabilitasnya naik," ungkap Deni. 

Baca Juga: Ganjar Soal Capres: Enggak Ngurus Deklarasi, Mikir Tugas dari Wapres Soal Kemiskinan dan Covid Saja



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x