Kompas TV internasional kompas dunia

Sedikitnya Dua Orang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di California

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 07:30 WIB
sedikitnya-dua-orang-tewas-dalam-kecelakaan-pesawat-di-california
Seorang petugas pemadam kebakaran berjalan di lokasi jatuhnya pesawat di Santee, California, Senin, 11 Oktober 2021. Sedikitnya dua orang tewas dan dua lainnya luka-luka dalam peristiwa ini. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

SANTEE, KOMPAS.TV — Sebuah pesawat kecil jatuh di pinggiran kota San Diego yang padat, Senin (11/10/2021) kemarin.

Peristiwa ini menewaskan sedikitnya dua orang dan menghancurkan sedikitnya 10 rumah warga. Dua orang warga terluka karena rumah mereka hancur tertimpa pesawat.

Saksi mata menggambarkan pasangan pensiunan diselamatkan dari rumah mereka yang hancur di Santee, sebuah kawasan pinggiran kota yang dihuni oleh 50.000 orang.

Beberapa kendaraan juga ikut terbakar, termasuk sebuah truk pengiriman barang milik United Parcel Service of America Inc.

"Peristiwa ini cukup brutal," kata Justin Matsushita, wakil kepala pemadam kebakaran Santee, saat petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian.

Baca Juga: Pesawat Jatuh dan Terbakar di Bandara AS Tak Lama Setelah Lepas Landas, Empat Orang Tewas

Sebuah perusahaan pengiriman barang, United Parcel Service of America Inc., mengkonfirmasi salah satu pekerjanya meninggal.

"Kami berduka atas kehilangan karyawan kami, dan menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga dan teman-temannya. Kami juga mengirimkan belasungkawa kami untuk individu lain yang terlibat dalam insiden ini, dan keluarga serta teman-teman mereka,” ujat pernyataan United Parcel Service of America Inc. seperti dikutip dari The Associated Press.

Michael Keeley 43, berlari ke luar rumah tanpa alas kaki saat rumahnya berguncang. Dia melihat truk United Parcel Service of America Inc. terbakar dan menemukan dua tetangga di rumah yang terbakar menelepon melalui jendela yang terbuka.

Dengan asap tebal di dalam rumah tetangga dan api menjilat atap, Keeley berdiri di atas batu dan mengulurkan tangan untuk meraih lengan wanita yang masih di dalam rumah dan membantunya memanjat keluar jendela. Lengan wanita itu terbakar dan rambutnya hangus.

Beberapa saat kemudian, terjadi ledakan di dalam rumah. Tetangga merobohkan pagar untuk menyelamatkan suami wanita itu dari halaman belakang.

Baca Juga: Pesawat Jatuh di Rusia Ditemukan, Seluruh Penumpang dan Awaknya Tewas

“Saya senang saya tidak harus masuk ke dalam dengan kaki telanjang,” kata Keeley, seorang petugas percobaan.

Andrew Pelloth, 30, sedang bekerja dari rumah ketika dia mendengar suara menderu dan kemudian ledakan besar.

"Pikiran awal saya adalah bahwa itu adalah meteorit yang jatuh. Saya bisa mendengarnya jatuh dan kemudian terdengar semacam ledakan."

Pesawat yang jatuh merupakan pesawat bermesin ganda Cessna C340, menurut Administrasi Penerbangan Federal.

Pesawat diperkirakan merupakan milik pribadi yang terbang dari Yuma, Arizona, ke Bandara Eksekutif Montgomery-Gibbs di San Diego.

Tidak diketahui berapa banyak orang yang ada di dalamnya, tetapi petugas mengatakan tidak ada penumpang yang selamat.

Lokasi kecelakaan berada beberapa mil di utara Gillespie Field, sebuah bandara kecil di San Diego County. FAA dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional masih menyelidiki peristiwa ini.
 



Sumber : The Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x